Sambungan Ilegal di Jakarta Ditertibkan

Sumber:Media Indonesia - 24 Agustus 2008
Kategori:Air Minum

JAKARTA (MI): Operasi penertiban sambungan air bersih ilegal digelar di wilayah Jakarta Utara (Jakut). Sebanyak 11 sambungan ilegal ditemukan dan diputus.

Direktur Utama PT Aetra Air Jakarta Syahril Japarin, kemarin, mengatakan pihaknya gencar memberantas pencurian air untuk mengoptimalkan layanan kepada konsumen. Penertiban dilakukan di Jakut, sebagian Jakarta Pusat, dan Jakarta Timur.

Pada operasi di Jakut, Aetra menemukan 11 titik sambungan liar di Kelurahan Sunter Agung. Sambungan itu menyuplai air hingga 60 ribu meter kubik per bulan.

''Sedikitnya 1.250 rumah disuplai dari sambungan ilegal ini,'' kata Syahril. Jumlah air yang hilang setara dengan konsumsi untuk satu kecamatan.

Menurut Syahril, pencurian air merupakan salah satu penyebab utama kehilangan air di wilayah operasional Aetra. "Yang lebih memprihatinkan, ternyata pencurian air tidak hanya dilakukan masyarakat dan rumah tangga biasa, tetapi juga dilakukan kalangan pengusaha atau industri," katanya.

Public Relation Manager Aetra Devy A Yheanne mengatakan sesuai dengan aturan, Aetra tidak diperbolehkan menyuplai air ke kawasan hunian ilegal. Di sisi lain, Aetra terancam oleh potensi kehilangan air di kawasan seperti itu.

Untuk mengatasi hal tersebut, kata Devy, dibangun fasilitas solusi pengadaan air bersih (SPAB) yang bentuknya seperti kios air.

''Fasilitas ini kami bangun di atas lahan resmi yang berdekatan dengan kawasan seperti itu. Kami minta masyarakat yang tidak berlangganan air bersih berkoordinasi sendiri dengan SPAB,'' kata Devy.

Sebelumnya, Aetra telah memutus 125 sambungan air ilegal di Rumah Susun Tanah Tinggi, Jl Baladewa, Tanah Tinggi, Jakarta Pusat, Juli lalu. Pemutusan paksa tersebut berawal dari penemuan 107 sambungan air ilegal. Jumlah tersebut bertambah, 18 titik sambungan ilegal baru ditemukan di lokasi itu.

Aetra memutus sambungan liar secara rutin sejak awal 2007 dalam kampanye antipencurian air yang digalakkan perusahaan.

Data dari Aetra menyebutkan sepanjang 2007, kampanye antisambungan ilegal Aetra telah menyelamatkan sedikitnya 2.519.001 meter kubik air bersih dengan memutus 820 sambungan air ilegal secara permanen. (Mhk/J-3)



Post Date : 24 Agustus 2008