Saluran Tersumbat Sampah Warga

Sumber:Suara Merdeka - 23 April 2012
Kategori:Sampah Luar Jakarta
TEGAL - Masyarakat Kota Tegal diimbau untuk tidak membuang sampah sembarangan, khususnya di su­ngai maupun saluran air. Pasalnya, tin­dak­an tersebut bisa menyebabkan banj­ir karena air tidak  lancar.
 
Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Ir Gito Mursriyono, kemarin. Menurut dia, untuk menindaklanjuti tumpukan sampah sepanjang sungai di Jalan Flores, Kelurahan Panggung, Keca­matan Tegal Timur, dan sepanjang Kali Bacin menuju dermaga Pela­buhan Kota Tegal, pihaknya bersama instansi lain secara bergilir mengeruk sampah.
 
“Dari hasil pantauan di lapangan, ternyata sampah di saluran merupakan sampah warga sekitar. Karena itu, kami mengimbau pada warga yang ada sepanjang saluran, terutama di sungai Jalan Flores, dan sepanjang Kali Bacin jangan membuang sampah di sungai,” katanya.
 
Papan Larangan
 
Gito mengemukakan, untuk mengantisipasi pembuangan sampah di saluran air maupun sungai, pihaknya bersama instansi terkiat akan mema­sang papan larangan atau imbauan dilarang membuang sampah di saluran atau sungai. Sebab, membuang sampah sembarangan akan berdam­pak buruk bagi lingkungan. “Kami berharap kesadaran warga tidak membuang sampah sembarangan terus meningkat,” ujarnya.
 
Salah seorang warga Kelurahan Mintaragen, Teguh (43) menga­takan, akibat banyak tumpukan sampah me­nimbulkan bau tidak sedap dan ling­kungan menjadi kumuh. Karena itu, pihaknya me­minta Pemkot melalui instansi terkait untuk secepatnya melakukan pengerukan.  (H17-15)


Post Date : 23 April 2012