Saluran Hasanudin Dipenuhi Sampah

Sumber:Suara Merdeka - 09 Agustus 2007
Kategori:Sampah Luar Jakarta
SEMARANG - Dinaikkannya jembatan Brotojoyo setinggi 1 meter menimbulkan masalah lain, yaitu banyak tumpukan sampah di saluran Hasanudin. Sebelum jembatan dibongkar, sampah menumpuk ''hanya'' di dekat jembatan yang menghubungkan Jl Brotojoyo Raya-Jl Hasanudin itu.

Sarjono, warga sekitar mengatakan, sejak jembatan Brotojoyo diperbaiki tiga pekan lalu, sampah yang sebelumnya memenuhi saluran di sebelah selatan jembatan, karena tidak tersumbat lagi, kini kotoran itu memenuhi sepanjang saluran Hasanudin.

Agar sampah tidak sampai di jembatan berikutnya, kata dia, sejumlah orang membentangkan bambu di saluran tersebut. "Namun, siapa yang memasang bambu tersebut, saya tidak tahu," katanya, Rabu (8/8).

Terkait diperbaikinya jembatan Brotojoyo, dia mengaku senang sekali. Sebab selama ini baik saat musim hujan maupun rob, permukaan jembatan selebar 7 meter itu selalu tergenang. Saat tergenang, ketinggian air bisa mencapai 50 cm. Selain itu masih ditambah dengan tumpukan sampah. "Sebenarnya warga sudah lama menghendaki supaya jembatan Brotojoyo dinaikkan. Seingat saya, usulan itu sudah disampaikan warga ke pihak kelurahan dua tahun lalu," kata dia.

Lurah Panggung Kidul Kecamatan Semarang Utara, Kardi mengatakan, untuk mengantisipasi penumpukan sampah di saluran Hasanudin, pihaknya telah meminta ke DPU Kota agar membersihkan sampah-sampah itu bila terlihat menumpuk. "Pihak DPU secara rutin telah membersihkan sampah-sampah tersebut," katanya.

Pantauan di lapangan, tampak tiga pekerja sibuk mengambil sampah-sampah yang tersebar di sepanjang saluran Hasanudin. Tumpukan sampah itu diambil dengan tongkat yang ujungnya dilengkapi saringan. Sampah kemudian diletakkan di pinggir saluran dan diangkut truk dari DPU. (H36-62)



Post Date : 09 Agustus 2007