Saluran Drainase Rusak

Sumber:Bangka Pos - 04 Desember 2005
Kategori:Drainase
TULISAN berikut ini merupakan tanggapan Dinas Kimpraswil Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terhadap Short Message Service (SMS) Peduli Bangka Pos Group, edisi Kamis (1/12) dengan pesan sebagai berikut:

Kepada YTH Dinas PU tolong diperhatikan juga jalan depan Pink Cafe yang kalo hujan juga tergenang air. Padahal ini merupakan jalan protokol. Thanks Bangka Pos. 08127174

KEPALA Dinas Kimpraswil Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ir Suryadi Sujak membenarkan kalau jalan di depan Pink Cafe, persisnya di Jalan Sudirman Pangkalpinang merupakan jalan protokol atau jalan nasional, sehingga menjadi wewenang provinsi untuk menjaga dan memeliharanya. Pihaknya berjanji akan segera meneliti dan memperbaiki, jika memang diperlukan tapi Dinas Kimpraswil membantah kalau dikatakan tidak memperhatikan jalan tersebut. Karena selama ini pihaknya terus memantau dan memperbaiki jalan itu apalagi merupakan jalan nasional.

Kita akan teliti dan lihat dulu apa penyebabnya, tapi yang jelas kalau harus diperbaiki yang akan kita perbaiki, karena itu memang tugas dan wewenang kami, kata Suryadi. Suryadi menambahkan pada dasarnya kondisi jalan di depan Pink Cafe dalam kondisi baik dan keadaan jalanpun tidak terlalu rendah, sehingga tidak bisa menjadi alasan mudah digenangi air.

Sering terjadi genangan air, bahkan banjir jika turun hujan disitu lebih cenderung disebabkan kurang baiknya saluran drainase di sekitar jalan tersebut. Sehingga saat hujan turun, air tidak mengalir dan menggenangi badan jalan, jadi butuh waktu lama untuk mengeringkannya.

Selain itu juga dirinya mengira, genangan air tersebut juga dikarenakan kurangnya kesadaran warga di sekitar jalan menjaga lingkungan, seperti membuang sampah sembarangan, hal itu bisa membuat saluran air jadi tersumbat.

Tapi ini semua kan belum pasti, nanti saya tugaskan kepada penanggungjawab yang berhubungan bidang tersebut untuk meneliti apa sebabnya. Dan memang harus diperbaiki ya kita akan perbaiki segera, tegas Suryadi.

Diakui Suryadi, kejadian serupa tidak hanya terjadi di jalan depan Pink Cafe saja, tapi ada beberapa jalan protokol lainnya dan itu kebanyakan lebih ke arah kurang baiknya saluran air atau drainase di jalan tersebut. Pihaknya akan terus memperbaikinya dengan cara bertahap.

Semua akan kita perbaiki tapi tidak serta merta, secara bertahap. Tapi kalau ada yang lebih penting dan harus segera diperbaiki akan segera kita perbaiki, tegas Suryadi.

(h8)

Post Date : 04 Desember 2005