Saatnya Masyarakat Berkawan

Pengarang:Rudy Yuwono, dkk
Penerbit:Jakarta, Kelompok Kerja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (Pokja AMPL), Desember 2008, 40 hal
No. Klasifikasi:363.728 YUW s
Kata Kunci:sampah, pengelolaan sampah berbasis masyarakat (PSBM), sampah permukiman
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Telp. 021-31904113
Kategori:Buku

Sudah menjadi rahasia umum bahwa pemerintah kota tidak selalu sanggup menangani sampah yang ada di kawasannya. Mereka masih membutuhkan dukungan keterlibatan dari banyak pihak. Termasuk juga keterlibatan masyarakat penghuni dari kawasan-kawasan permukiman di wilayahnya. Suatu sistem Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat (PSBM) dicirikan oleh adanya keterlibatan masyarakat penggunanya dalam perencanaan dan pengoperasiannya. Sustu sistem PSBM akan memiliki pola operasi yang sesuai dengan kemampuan dan kemauan masyarakat penggunanya. Kesesuaian ini tentu akan membuat keberlanjutan dari suatu PSBM dapat lebih terjaga.
 
Buku ini menjabarkan tentang sistem PSBM berikut tahap-tahap pengembangannya. Buku ini ditujukan untuk para pemangku kepentingan (stakeholders) urusan persampahan kota. Termasuk di dalamnya adalah kelompok-kelompok masyarakat yang ingin mengembangkan PSBM dan pihak-pihak lain yang ingin membantu masyarakat.
 
Buku ini dibagi menjadi 4 bagian. Bagian pertama berisikan beragam informasi seputar klasifikasi sampah permukiman, prinsip Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat, komponen teknis PSBM terpadu, dan pola PSBM. Bagian kedua menjelaskan tentang tahap-tahap awal yang harus dilakukan untuk menyiapkan masyarakat dalam pengembangan dan pengoperasian PSBM. Bagian ketiga menjelaskan beberapa potensi kawasan permukiman yang harus diketahui sebelum perencanaan PSBM dapat dilakukan. Bagian empat berisikan tentang proses menyusun rencana PSBM. Kelompok penggerak bersama-sama dengan warga menyusun suatu rencana pengelolaan sampah. Menentukan jenis pewadahan sampah terpilah, pola pengumpulan sampah, teknik pengolahan sampah, dan pengomposan. Termasuk menentukan sumber dana untuk membiayai PSBM dan administrasi pengelolaan sistem ini.
 
”Saatnya Masyarakat Berkawan“ merupakan lanjutan dari buku ”Kalau Sulit Dilawan Jadikan Kawan“ yang sudah lebih dulu diterbitkan.

Daftar Isi:

Bagian 1. Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat
Klasifikasi Sampah Permukiman
Prinsip Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat
Komponen Teknis PSBM Terpadu
Pola Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat

Bagian 2. Menyiapkan Masyarakat
Membentuk Kelompok Penggerak
Membangkitkan Kesadaran Masyarakat
Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat

Bagian 3. Menaksir Potensi Wilayah
Potensi Fisik
Potensi Sampah
Potensi Masyarakat
Potensi Kemitraan

Bagian 4. Menyusun Rencana Pengelolaan Sampah
Strategi Pengelolaan Sampah
Pengolahan Sampah
Pengumpulan Sampah
Pembiayaan

Bagian 5. Penutup



Post Date : 26 November 2009