Rp55 M untuk Sarana Air Bersih

Sumber:Koran Sindo - 22 April 2008
Kategori:Air Minum

PANGKALAN BALAI (SINDO) - Setelah melakukan penambahan kapasitas pada 2007, tahun ini Pemerintah Banyuasin kembali menggelontorkan dana untuk peningkatan kapasitas dan sarana air bersih.

Tidak tanggung-tanggung, dana sebesar Rp55 miliar bakal disuntikan untuk ketersediaan air bersih di Banyuasin melalui program tahun jamak 2008.“Pada tahun 2008 yang sedang berjalan direncanakan kembali investasi pemerintah dalam bidang air bersih melalui lanjutan program tahun jamak senilai Rp55 miliar,” ungkap Bupati Banyuasin, Amiruddin Inoed.

Amiruddin menjelaskan, walaupun dengan kondisi keuangan yang terbatas, peningkatan air bersih dengan fokus memperbesar kapasitas unit pengelolahan dan penambahan unit unit baru pengelolahan air bersih harus terus dilakukan. Pada 2007 lalu, produksi air bersih Banyuasin sudah mencapai angka 265 perdetik dari kemampuan awal pada tahun 2003,yang hanya 70 liter perdetik.

Selain peningkatan kapasitas produksi tersebut, hingga tahun 2007, unit pengelolahan air bersih di kabupaten tersebut juga bertambah menjadi 10 unit pengelolahan dari angka sebelumnya yang hanya mencapai angka 5 unit pengelolahan.

Dia mengharapkan, dengan penambahan investasi dibidang air bersih melalui APBD tersebut mampu meningkatkan pelayanan dan ketersediaan sarana air bersih bagi masyrakat Banyuasin. Karena, masih banyak wilayah Kabupaten Banyuasin yang belum menikmati air bersih tersebut.

“Kucuran dana melalui program tahun jamak tersebut juga diharapkan mampu menambah produksi air bersih Banyuasin secara signifikan. Setidaknya,mengurangi persoalan air bersih saat musim kemarau tiba,”jelasnya.

Bagaimana dengan daerah perairan? Amiruddin mengakui, dengan wilayah sebagian besar rawa-rawa dan dataran rendah, Banyuasin cukup mengalami kesulitan untuk pemerataan ketersediaan air bersih.Namun demikian pihaknya tetap optimis, secara bertahap hal itu bisa diatasi walaupun dengna teknologi yang berbeda. Eko,43,warga Desa Rejodadi sangat mengharapkan agar pembangunaninstalasiairbersih dapat dinikmati oleh warga yang ada di Desa Rejodadi. (yopie cipta raharja)



Post Date : 22 April 2008