Rp 31 Miliar Disiapkan untuk Membangun TPSA

Sumber:Pikiran Rakyat - 19 April 2007
Kategori:Sampah Luar Jakarta
BOGOR, (PR).-Pemkot Bogor mengalokasikan dana Rp 32 miliar dari dana APBD untuk pembuatan tempat pembuangan sampah akhir (TPSA). Rencananya, Pemkot Bogor membangun TPSA di atas lahan seluas 20 hektare di Kelurahan Kayu Manis Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Bogor, Yus Herdiyus, saat ini proses pembangunan TPSA sudah pada tahap pengadaan lahan seluas 20 hektare. "Bahkan, kita sudah mengusulkan dana untuk pembebasan lahan ini senilai Rp 32 miliar yang diambil dari APBD, 2007, 2008, dan 2009. Hingga saat ini pemkot terus melakukan pengkajian terkait kelayakan lingkungan, mulai dari aspek teknis hingga instalasi pengolahan air limbahnya," ungkapnya

Alasan pembangunan TPSA ini, karena selama ini pemkot membuang sampah ke TPA Galuga milik Pemkab Bogor. Masa kontraknya akan habis pada tahun 2008 mendatang. "Itu perlu diantisipasi dengan membangun TPA di wilayah sendiri. Bahkan Pemkot Bogor sudah merencanakan TPA tersebut tidak seperti TPA biasa. Sistemnya pengolahan bukan pembuangan," paparnya.

Yus juga menyatakan sudah melakukan sosialisasi rencana ini kepada masyarakat sekitar. "Sebab kita tidak ingin seperti pembangunan-pembangunan TPST di Bojong, yang terus menimbulkan gejolak karena ditentang penduduk setempat," ujarnya.

Dalam rancangan Pemkot Bogor, jarak lokasi TPSA dengan permukiman penduduk kurang lebih 1 Km. Dalam proses pengangkutannya pun, dijamin tidak akan melintasi permukiman penduduk. "Luas lahan 20 hektare tersebut sudah termasuk pembuatan akses masuk sehingga tidak akan mengganggu masyarakat," ujarnya. (A-104)



Post Date : 19 April 2007