Rob Rendam Ratusan Rumah

Sumber:Kompas - 17 April 2008
Kategori:Banjir di Luar Jakarta

Tegal, Kompas - Rob atau limpasan air laut ke daratan empat hari ini kembali terjadi di Kota Tegal, Jawa Tengah. Selain merendam beberapa ruas jalan, rob merendam ratusan rumah warga.

Rob yang terjadi di kawasan pantai utara (pantura) Kota Tegal itu meliputi Kelurahan Muarareja dan Tegalsari di Kecamatan Tegal Barat serta Kelurahan Panggung dan Mintaragen di Kecamatan Tegal Timur.

Radis (44), warga RT 02 RW 03, Kelurahan Mintaragen, Tegal Timur, Rabu (16/4), mengatakan, rob terjadi sejak empat hari lalu. Air mulai menggenangi rumah warga sekitar pukul 16.00 dan surut sekitar pukul 21.00.

Menurut Radis, rob yang terjadi saat ini akibat pengaruh angin musim timur. Biasanya, rob akan berlangsung hingga Juli. Selama jangka waktu itu, warga tidak dapat tidur tenang. Mereka khawatir rumah tersapu air laut. Bahkan, akibat rob dua hari lalu, rumah dua warga, Ruban (45) dan Karni (60), rusak.

Suhari (34), warga Kelurahan Muarareja lainnya, mengatakan, akibat munculnya rob, sejumlah tanaman bakau yang ada di pinggir pantai hilang. Padahal, ketinggian tanaman itu sudah lebih dari satu meter.

Sementara itu hujan deras yang mengguyur Kota Palembang, Sumatera Selatan, beberapa jam sejak hari Rabu (16/4) pukul 03.00-pukul 08.00 menyebabkan Sungai Bendung meluap pada dini hari sehingga mengakibatkan banjir di beberapa kawasan. Selain menggenangi ratusan rumah penduduk, puluhan truk angkutan barang dan kebutuhan pokok mogok karena terjebak genangan air setinggi paha orang dewasa.

Banjir terjadi akibat saluran air ke pembuangan akhir di sungai tidak berfungsi. Banjir juga disebabkan berubahnya fungsi lahan dari area rawa dan kawasan hijau menjadi perumahan atau tempat usaha. (WIE/ONI/WAD)



Post Date : 17 April 2008