Ribuan Rumah Warga Terendam Banjir di 50 Kota

Sumber:Media Indonesia - 27 Oktober 2005
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
50 KOTA--MIOL Ribuan rumah terendam air akibat banjir yang melanda empat kecamatan di Kabupaten 50 Kota, Sumatera Barat, sepanjang Rabu (26/10) dan menyebabkan belasan ribu warga terpaksa mengungsi. Belum ada laporan korban jiwa dalam musibah ini.

Informasi dihimpun Antara dari Kabupaten 50 Kota, menyebutkan, banjir dengan ketinggian air mencapai tiga meter itu terjadi sejak Rabu pagi dan air baru surut menjelang sore harinya.

Empat kecamatan yang terendam air masing-masing, Pangkalan Koto Baru, Lareh Sago Halaban, Mungka dan Kapur IX.

Di Kecamatan Pangkalan Koto Baru saja berdasarkan data awal sekitar 1.500 rumah warga terendam air dan ratusan hektare areal persawahan juga dilanda banjir.

Sedangkan data dari tiga kecamatan lainnya, hingga Rabu malam, masih dalam pendataan.

Diperkirakan rumah yang terendam pada empat kecamatan itu mencapai 5.000 unit dan ribuan hektare areal persawahan serta ladang juga dilanda banjir.

Banjir besar tersebut disebabkan meluapnya tiga sungai masing-masing Batang Maek, Batang Mangilang dan Batang Rasan yang melintasi lokasi pemukiman penduduk.

Melupanya sungai-sungai itu, menyusul hujan terus menerus dalam dua hari terakhir.

Hingga Rabu malam, warga masih mengungsi ke tempat-tempat yang lebih tinggi dan bertahan di sekolah-sekolah, musholah dan fasilitas umumnya.

Sebagian warga juga bertahan di loteng rumah serta di lantai II rumah bertingkat.

Hingga Rabu malam, belum diketahui total kerugian akibat musibah ini, sedangkan bantuan bagi korban di pengungsian mulai mengalir. (Ant/OL-1)

Post Date : 27 Oktober 2005