Ribuan Rumah Terendam

Sumber:Banjarmasin Post - 15 Juni 2007
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
PELAIHARI, BPOST - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Tanah Laut dan Kabupaten Tanah Bumbu, sejak Rabu (13/6) pagi hingga Kamis (14/6) sore, telah merenggut nyawa seorang warga dan merendam ribuan rumah setinggi dua sampai tiga meter.

Banjir yang terparah terjadi di Kabupaten Tanah Laut. Pantau BPost Kamis (14/6), ribuan warga mengungsi ke daerah-daerah yang lebih tinggi. Umumnya mereka memadati tepi jalan Trans Kalimantan.

Mereka berasal dari empat desa di Kecamatan Kintap, dua desa di Kecamatan Jorong dan Pelaihari kota atau Pintu Air.

Sedangkan banjir di Kabupaten Tanah Bumbu, yang terparah terjadi di Kecamatan Desa Tibarau Panjang, Desa Mangkalapi, Desa Hatiif, Desa Tapus dan Desa Darasan Binjai, Kecamatan Kusun Hulu. Ketinggian air mencapai satu meter.

"Saya sudah meminta warga mengungsi ke kawasan yang lebih tinggi," ujar Camat Kusan Hulu, Hamsyuri.

Sedangkan di Kecamatan Satui, sedikitnya 700 rumah di empat desa yakni Sungai Danau, Satui Timur, Satui Barat dan Desa Jombang terendam. Ketinggian air dari lantai sekitar 50 cm.

Banjir di Tanah Bumbu ini telah menelan korban jiwa. Napiah (70), warga Desa Tibarau Panjang, Kecamatan Kusan Hulu, tewas saat menebang pohon bambu di kebunnya yang dilanda banjir, Rabu (13/6) siang. roy/ck6/muh/spirit



Post Date : 15 Juni 2007