Resmikan Sarana Air Bersih, Bantu PLTS

Sumber:Indopos - 10 November 2007
Kategori:Air Minum
TULUNGAGUNG - Kesulitan air bersih yang dialami warga Desa Ngrejo, Kecamatan Tanggunggunung, akhirnya teratasi. Itu setelah Pemkab Tulungagung menjalankan program pengadaan sarana air bersih untuk memenuhi kebutuhan warga yang yang berada di daerah pegunungan. Yakni berupa pengadaan bak penampungan air. Untuk Desa Ngrejo yang mempunyai empat dusun, penampungan ditempatkan di perbukitan Sambi yang letaknya lebih tinggi dari pemukiman.

Pada Kamis, dua hari lalu, sekitar pukul 11.00 WIB Bupati Tulungagung Ir Heru Tjahjono MM meresmikan bak penampungan air bersih di Bukit Sambi yang pembangunannya sudah kelar 100 persen itu. "Seluruh wilayah yang berpotensi kekurangan air bersih akan kita suplai menggunakan kendaraan PDAM. Pesan saya, yang penting warga jangan sampai rebutan," ujar Bupati Heru Tjahjono saat menyampaikan kata sambutan. Hadir pula kepala dinas, kepala badan maupun kepala kantor di lingkup Pemkab Tulungagung.

Kepala Dinas PU PPW Kabupaten Tulungagung Ir Ruswita Sianipar MM, melalui Kasubdin permukiman Ir Yumar MM mengatakan pembangunan sarana penampungan air bersih ini menghabiskan dana sebesar Rp 1,3 miliar. Anggaran itu terserap untuk penyediaan listriknya, pompa, pipa, tampungan air, dan Intek.

Yumar juga menjelaskan, penampungan yang baru dibangun itu mempunyai luas 8 meter x 8 meter dan tinggi 2,5 meter. Rencananya, air dari penampungan akan dialirkan ke warga empat dusun di Desa Ngrejo, Kecamatan Tanggunggunung. Tepatnya untuk 900 KK yang bermukim di Dusun Kuning, Dusun Ngrejo, Dusun Jaten dan Dusun Wonokoyo.

Selain meresmikan sarana penampungan air bersih, Bupati Heru Tjahjono juga meresmikan pendirian alat Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Dusun Wonokoyo dan Ngrejo. Wabub Athiyak bersama rombongan pejabat dinas lain menyempatkan diri untuk meninjau langsung alat yang bisa memproduksi listrik antara 180-200 watt per jam per hari itu.

Terkait degan pengadaan sarana alat PLTS yang berada di dua dusun ini, Kepala Badan Perencanaan Daerah Kabupaten Tulungagung Ir Indra Fauzi mengatakan pengadaan alat pembangkit listrik tersebut merupakan permintaan warga. Tepatnya saat Bupati Heru Tjahjono melaksanakan kunjungan kerja di Desa Kresikan pada September lalu. "Dari usulan itu Bupati kemudian memerintahkan jajaran di bawahnya untuk merealisasikan pengadaan PLTS sebanyak 81 unit. Dengan rincian 50 unit untuk Dusun Wonokoyo Brumbun dan 31 unit untuk Dusun Gerangan," terangnya.

Kepala Bappeda juga menuturkan dana yang digunakan dalam pengadaan alat tersebut berasal dari APBN dan APBD Tulungagung 2007. Disamping memasang satu set alat PLTS dengan satu unit alat modul Surya ukuran 50 Wp, pemkab juga membantu tiga unit lampu TL ukuran 10 watt kepada setiap KK. Terakhir Fauzy berharap adanya PLTS ini akan dapat membantu meningkatkan taraf hidup penduduk dan mengembangkan obyek daerah tujuan wisata pantai khususnya di Dusun Wonokoyo (Pantai Brumbun) dan Pantai Gerangan di Desa Ngrejo, Kecamatan Tanggunggunung. (des)



Post Date : 10 November 2007