Resmikan Proyek Air Bersih

Sumber:Indo Pos - 10 Februari 2006
Kategori:Air Minum
BLORA - Bupati Blora Basuki Widodo dan istrinya Kesi Widjayanti kemarin meresmikan proyek air besih di Desa Sendangharjo Kecamatan Blora. Proyek senilai Rp 79,288 juta itu adalah proyek yang dananya bantuan dari program pelestarian dan pengembangan sumber mata air berbasis masyarakat dari APBD 2005. selain Sendangharjo terdapat 22 desa lain se Blora yang mendapat bantuan serupa.

Basuki Widodo memgatakan, proyek itu bertujuan untuk melesatikan sumber air yang ada dengan memberdayakan masyarakat setempat sebagai pengelola. Oleh karena itu pengerjalan proyek itu juga dikerjakan oleh masyarakat sendiri. Selain memanfaatkan sumber air untuk memenuhi kebutuhan air besih warga, pekerjaan yang dilakukan juga bisa membantu masyarakat untuk mendapat penghasilan tambahan. "Selain itu juga memberdayakan masyarakat untuk perawana pasca peroyek selesai" katanya.

Oleh karena itu dia berharap proyek itu benar-benar bisa dipelihara dan dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat. Setidaknya proyek itu bisa mencukupi kebutuhan air besih bagi masyarakat terutama pada musim kemarau. Peresmian itu, selain dihadiri bupatiu dan istrinya juga dihadiri sejumlah pejabat pemkab, Camat Blora Pudiyantmo dan Kades dan perangkat desa setempat dan warga.

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita merah putih yang dilakukan oleh Kesi Widjayanti didampingi Basuki Widodo. Kemudian dilanjutkan dengan pemutaran kran air untuk yang pertama yang dilakukan Basuki Widodo. Setelah acara itu juga dirangkai dengan acara pengajian Muharam oleh Muslimat NU desa setempat. Pada kesempatan itu Basuki Widodo dan Kesi Widjayanti juga menyerahkan bantuan kepada sejumlah anak dari desa itu. (ono)

Post Date : 10 Februari 2006