Ratusan Rumah Tergenang Air Pasang

Sumber:Kompas - 04 Januari 2008
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
Palembang, Kompas - Ratusan rumah warga di Kota Palembang, Sumatera Selatan, kembali dilanda banjir dari air pasang Sungai Musi. Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengimbau warga bersiap-siap mengungsi karena air pasang terus meningkat sepekan terakhir.

Dari pantauan Kompas, Kamis (3/1), banjir melanda sebagian besar permukiman di tepi Sungai Musi. Banjir menggenangi lebih dari 100 rumah setinggi 50 cm di Kelurahan 10 Ulu, 12 Ulu, 13 Ulu, dan sejumlah kelurahan lain di Kecamatan Plaju.

Anshori, Kepala Seksi Bantuan Sosial Korban Bencana Dinas Sosial Provinsi Sumsel, menyatakan, permukiman yang terkena banjir pasang meliputi Kecamatan Gandus, Kecamatan Kertapati, Kecamatan Plaju, Kecamatan Sebrang Ulu, dan sejumlah kecamatan di Kabupaten Banyuasin dan Ogan Ilir.

Menurut Anshori, sebagai antisipasi, pihaknya sudah menyiagakan 100 personel taruna siaga bencana.

Tanggul jebol

Dari Kabupaten Subang dilaporkan, sedikitnya sembilan titik tanggul sungai di Kecamatan Pamanukan dan Legonkulon jebol akibat diterjang banjir sejak Rabu (2/1) sampai Kamis.

Sujadi, petugas Posko Bencana Alam Kecamatan Legonkulon, mengatakan, sembilan titik yang jebol tersebar di Sungai Samaran di Desa Tegallurung, Kecamatan Legonkulon, serta tanggul Sungai Pangaritan di Desa Pamanukan dan Sungai Bugel di Desa Sukasari, Kecamatan Pamanukan.

Data Posko Kecamatan Pamanukan, Kamis, menyatakan, banjir merendam 5.423 rumah dan 430 hektar sawah. (ONI/MKN)



Post Date : 04 Januari 2008