Ratusan Rumah Terendam Banjir

Sumber:Pikiran Rakyat - 09 Februari 2008
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
INDRAMAYU, (PR).- Banjir dan terjangan angin puting beliung melanda sejumlah desa di tiga kecamatan di Kab. Indramayu, sepanjang Kamis hingga Jumat (6-7/2). Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu, namun bencana tersebut mengakibatkan ratusan rumah milik warga terendam dan sembilan lainnya mengalami kerusakan.

Keterangan yang dihimpun "PR" menyebutkan, di Kec. Patrol banjir melanda empat desa, yakni Desa Patrol, Bugel, Sukahaji, dan Plawad. Akibat banjir di empat desa itu, 725 unit rumah terendam.

Selain itu, di Kec. Patrol, banjir juga menggenangi ratusan rumah warga lainnya di tiga desa di Kec. Losarang, yakni Desa Losarang, Krimun, dan Muntur. Banjir di wilayah kecamatan tersebut sempat menggenangi rumah warga dengan ketinggian air sekitar 50 cm hingga 60 cm.

Banjir di dua wilayah kecamatan tersebut, menurut warga setempat, terjadi akibat guyuran hujan yang berlangsung cukup lama di samping adanya `kiriman` air dari wilayah hulu.

Selain melanda dua kecamatan tersebut, banjir juga merendam kurang lebih 500 hektare areal tanaman padi di empat desa di Kec. Kandanghaur, yakni Desa Soge, Kranti, Karanganyar, dan Wirakanan, dengan ketinggian sekitar 50 cm.

Sekretaris Satkorlak Penanggulangan Bencana dan Pengungsi (Satkorlak PBP) Kab. Indramayu Ari Nurjaman membenarkan terjadinya luapan air di sejumlah sungai yang mengakibatkan banjir di tiga wilayah kecamatan.

Terkait musibah tersebut, menurut Ari, pihaknya telah menyalurkan bantuan sebanyak kurang lebih 700 paket bahan makanan kepada para korban banjir.

Selain banjir, bencana angin puting beliung juga menerjang sejumlah desa di Kab. Indramayu. Pada Jumat sekitar pukul 14.00 WIB, angin puting beliung melanda Desa Eretan Kulon, Kec Kandanghaur. (A-96)



Post Date : 09 Februari 2008