Ratusan Rumah di Tarumajaya Bekasi dan Serang Terendam

Sumber:Kompas - 28 November 2007
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
Bekasi, Kompas - Sedikitnya dua desa, yakni Segarajaya dan Samudra Jaya, di Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, terendam banjir akibat limpasan pasang air laut pada Selasa (27/11) pagi.

Banjir air pasang setinggi 40 sentimeter itu menggenangi ratusan rumah warga, termasuk tambak milik warga setempat.

Limpasan pasang air laut mulai menggenangi rumah-rumah warga di kecamatan yang terletak di wilayah utara Kabupaten Bekasi itu sekitar pukul 10.00. Banjir surut sekitar satu jam kemudian.

Dihubungi secara terpisah, Camat Tarumajaya Effendi mengatakan, pihaknya meminta aparat desa setempat untuk siaga dan terus memantau kemungkinan berulangnya banjir serupa.

"Banjirnya tidak lama, sejam sudah surut, tetapi aktivitas dan perekonomian warga terganggu," kata Effendi kemarin.

Tambak di Serang rusak

Sementara itu, ratusan hektar tambak bandeng di sepanjang pantai utara Serang, Banten, juga rusak setelah diterjang air laut pasang, dua hari terakhir. Puluhan rumah dan sebuah kampus sekolah tinggi juga tergenang terkena luapan air laut.

Luapan air laut akibat pasang purnama tahun ini merupakan yang terbesar selama 25 tahun terakhir. Sebab, kawasan yang sebelumnya tidak pernah tergenang saat laut pasang itu kali ini justru tergenang setinggi lutut orang dewasa.

Salah satu kawasan yang tergenang adalah sebagian wilayah Desa Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, yang berbatasan langsung dengan Teluk Banten. Sejak Senin lalu, puluhan rumah di daerah itu tergenang luapan air laut. Biasanya, air mulai pasang pada pagi hari dan kembali surut pada sore hari.(cok/nta)



Post Date : 28 November 2007