Ratusan Rumah di Jambi Terkepung Banjir

Sumber:Suara Pembaruan - 06 Desember 2007
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
[JAMBI] Ratusan rumah warga Kota Jambi terkepung banjir dan puluhan hektare areal tanaman pangan terendam akibat luapan Sungai Batanghari yang terus meningkat. Luapan sungai tersebut juga membuat warga yang bermukim di kawasan daerah aliran sungai (DAS) terisolir. Warga terpaksa menggunakan sampan kecil untuk melakukan aktivitas di luar rumah.

Pantauan SP di beberapa permukiman warga Kota Jambi sepanjang DAS Sungai Batanghari, Rabu (5/12) sore, rumah warga yang terkepung banjir berada di Kampung Legok, Kecamatan Telanaipura, Kampung Pulau Pandan, Kecamatan Pasar, Sijenjang, Kecamatan Jambi Timur dan Tahtul Yaman, Kecamatan Pelayangan. Warga yang kembali ke rumah masing-masing di permukiman yang terkepung banjir tersebut umumnya menggunakan sampan kecil.

Sedikitnya 50 hektare areal tanaman pangan di Kota Jambi terendam banjir. Sebagian tanaman pangan seperti jagung, singkong dan sayuran yang terendam banjir terancam rusak.

Yusniar, petani di Buluran mengatakan, jagung yang ditanamnya dua bulan lalu terancam rusak karena terendam banjir.

Kepala Badan Meteorologi dan Geofisika Provinsi Jambi, Remus L Tobing mengingatkan, warga Jambi yang berada di kawasan DAS Batanghari diminta meningkatkan kewaspadaan.[141]



Post Date : 06 Desember 2007