Ratusan Hektare Padi Terendam Banjir di Purworejo

Sumber:Media Indonesia - 01 Maret 2011
Kategori:Banjir di Luar Jakarta

BANJIR yang terjadi Senin (28/2) di Purworejo, Jawa Te(28 ngah, mengakibatkan sedikitng nya 316,5 ha areal sawah di dua ny kecamatan terendam. Tinggi ke genangan akibat banjir sekitar ge 40 cm.

Sekitar 285 ha terdapat di Kecamatan Grabag. Usia padi itu ca rata-rata 50 hari. Selebihnya di rat Kecamatan Ngombol seluas 31,5 Ke ha dengan usia berkisar 110-120 hari. Padi yang terendam rataha rata kualitas ciherang.

Di Kecamatan Grabag, sawah yang terendam tersebar di tiga ya desa, yakni Desa Trimulyo 88 ha, de Desa rowodadi 88 ha, dan Desa De Bendungan 109 ha. Sementara Be di Kecamatan Ngombol, tersebar di tiga desa, yakni Desa Joso ba 1hha, Desa Kembang Kuning 0,5 ha, dan Desa Srumon 30 ha. ha "Desa Srumon memang sudah terendam banjir sejak Sabtu da (26/2). Hingga Senin (28/2) (2 ini, dari luasan 30 ha, masih ada 5 ha yang masih terendam.

Adapun total luas sawah di daerah ini sekitar 35 ha," kata Sekretaris Desa Srumon, Sunadi, kemarin.

Sejak Sabtu, dari sejumlah 57 Desa di Kecamatan Ngombol, ada 10 desa yang terendam banjir luapan dari Sungai Jali.

Banjir merendam jalanan dan permukiman serta area sawah. Akibatnya, sekitar 2 ton gabah hasil panen yang tengah dijemur di halaman rumah warga hanyut tersapu banjir.

Kepala Seksi Pengembangan Tanaman dan Perlindungan Tanaman Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Purworejo Ari Sulistyani menyatakan bahwa tanaman padi yang terendam pada usia lebih dari 30 hari tidak akan menyebabkan gagal panen. Kendati demikian, padi yang terendam akan layu, sehingga berdampak pada penurunan kualitas hasil panen.

"Padi yang sudah layu akibat terendam banjir akan berwarna kekuningan dan rasanya kurang enak," kata Ari, kemarin. Banjir mulai surut, kemarin siang.

Dari Jawa Timur dilaporkan, sekitar 150 rumah yang berada di tiga desa di Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, tergenang akibat banjir bandang, kemarin.

Banjir diakibatkan curah hujan yang tinggi, yang berlangsung lebih dari 5 jam, dan luapan Sungai Wangun. Tiga desa yang tergenang banjir hingga ketinggian 50 cm yakni Desa Cendoro, Pucangan, dan Wangun.

"Siang ini banjir mulai surut. Pagi, jalan kampung sempat tergenang setinggi 50 cm," kata Jayus, 29, warga Desa Wangun. (TS/YK/N-4)



Post Date : 01 Maret 2011