Rano Karno Ajak Warga Tangerang Buat Kompos

Sumber:Kompas - 07 April 2008
Kategori:Sampah Luar Jakarta

TANGERANG, KOMPAS - Wakil Bupati Tangerang Rano Karno mengajak seluruh warga Tangerang menjaga lingkungan sekitar dengan memelihara dan menanam pohon, khususnya membuat kompos untuk mendaur ulang sampah organik.

Ajakan Rano disampaikan pada kunjungan kerja pertama setelah terpilih sebagai Wakil Bupati Tangerang di Perumahan Vila Bintaro Indah (VBI), Kelurahan Jombang, Kecamatan Ciputat, Tangerang, Minggu (6/4). Acara yang dinamai ”Penghijauan VBI” itu diprakarsai Paguyuban VBI yang diketuai pengacara sekaligus pesinetron Djoni Irawan.

”Sudah saatnya kita ubah mindset kita bahwa sampah tidaklah identik dengan ’bau’ atau ’penyakit’. Sampah adalah uang dan bersih jika kita mampu mengelolanya dengan tepat, dengan menjadikannya sebagai kompos,” kata Rano yang memberi penyuluhan selama 1,5 jam kepada sekitar 1.000 keluarga, lengkap dengan mesin penghancur sampah organik.

Rano meminta ibu-ibu rumah tangga yang disebutnya sebagai ”manajer” dalam urusan sampah, memilah-milah sampah terlebih dahulu sebelum dibuang, yakni sampah organik berupa limbah makanan dan tanaman serta limbah anorganik berupa plastik. Limbah organik diolah sendiri menjadi kompos, sedangkan yang anorganik dikumpulkan untuk dijual kepada pengepul.

”Ini yang saya maksud mengubah cara berpikir bahwa sampah tidaklah identik dengan bau atau penyakit. Membuang sampah berarti membuang uang,” katanya.

Perumahan Vila Bintaro Indah ditunjuk Rano sebagai ”pusat penghijauan” untuk tingkat perumahan di Tangerang. Ia mengangkat para pemulung yang biasa mengangkat sampah di perumahan itu sebagai ”pengurus sampah”, yang bisa memperoleh tambahan dengan bekerja sama dengan warga. Ia juga meminta Paguyuban VBI menyediakan lahan 200 meter persegi untuk dijadikan pusat pengelolaan sampah menjadi kompos, sementara alat-alat penghancur sampah organik diupayakan secara swadaya.

Dalam kesempatan itu, Rano yang didampingi Camat Ciputat Muhammad menyumbangkan tanaman langka, pohon kepel (Stelechocarpus burahol), yang ditanamnya sendiri dan memberikan belasan tanaman lainnya secara simbolis untuk ditanam di RT masing-masing.

Sedangkan tanaman yang disumbangkan Departemen Kehutanan dan sebuah bank untuk penghijauan Perumahan VBI sebanyak 1.000 tanaman.

Ditanya mengapa penghijauan dipilih sebagai program kunjungan kerja pertamanya, Rano mengatakan, sebab hal itulah yang dapat ia lakukan.

”Beberapa tahun sebelum saya jadi wakil bupati, saya sudah menjadi praktisi penghijauan dengan membuat kompos sendiri dan memelihara tanaman sendiri,” kata Rano kepada Kompas. Pemeran ”Si Doel” dalam sebuah sinetron itu diundang pada Konferensi Pemanasan Global di Bali beberapa waktu lalu karena kiprahnya di bidang pemeliharaan lingkungan.

Camat Ciputat Muhammad menyatakan siap menjalankan program sekaligus ajakan Rano Karno, apalagi pihaknya sudah memiliki agenda penghijauan yang disebut ”Pisambaring” atau Pilah Sampah Basah-Kering. ”Jadi, ajakan Pak Wakil Bupati itu sangat klop dengan program yang kami jalankan selama ini,” katanya. (PEP)



Post Date : 07 April 2008