Qatar Siap Bantu Pengadaan Air Bersih di Indonesia

Sumber:Hidayatullah - 10 Februari 2011
Kategori:Air Minum

Hidayatullah.com-- Masyarakat agnia dari negara Qatar yang tergabung dalam lembaga swasta menyatakan siap membantu pengadaan air dengan membangun sumber air bersih di berbagai daerah di Indonesia dengan syarat menyerahkan proposal dari masyarakat sebagai pemohon.

"Silakan beberapa tempat mengirimkan proposal ke kantor, setelah masuk akan kita pelajari," kata Husein Kermache bagian program Manager Qatar Charity Indonesia, saat meninjau hasil pembangunan sumber air bagi masyarakat di Kota Tasikmalaya, Jabar, Rabu (9/2).

Melalui juru bicaranya, Husein yang datang langsung dari negara Qatar ke Tasikmalaya menjelaskan setiap proposal yang diajukan masyarakat selanjutnya akan dipelajari kesamaan dan cocok tidaknya dengan program lembaga swasta di Qatar.

Daerah yang telah dilakukan pembangunan sumber air bersih itu, kata Husein, di beberapa wilayah di Kota Tasikmalaya sebanyak 19 titik sumber air di tiga Kecamatan Cibeureum, Tamansari, dan Tawang.

Bahkan beberapa daerah di Indonesia, kata Husein, seperti di beberapa daerah di Jawa, Sumatera, Aceh, dan Banten telah dilakukan pembangunan sumber air bagi masyarakat yang daerahnya mengalami krisis air bersih di waktu tertentu atau musim kemarau.

"Bukan hanya di Kota Tasikmalaya saja, secara umum beberapa sudah dibangun di Jawa, Sumatera, Aceh, dan Banten, dan masih ada daerah yang akan dibangun," katanya.

Bantuan pembangunan sumber air itu, kata Husein, akan diprioritaskan daerah yang terkena bencana alam, termasuk wilayah Tasikmalaya yang sempat diguncang gempa Tasikmalaya 2 September 2009.

Bantuan yang akan diberikan itu, jelas Husein, bukan hanya pembangunan sumber air bersih saja, melainkan bantuan membangun sekolah, masjid, dan panti asuhan.



Post Date : 10 Februari 2011