Pusat Perbelanjaan Wajib Bangun Drainase

Sumber:Kompas - 22 Maret 2006
Kategori:Drainase
Depok, Kompas - Pusat perbelanjaan di Kota Depok diwajibkan membangun drainase untuk mengantisipasi genangan air di Jalan Margonda Raya, yang merupakan jalan utama di kota itu. Pusat perbelanjaan dimaksud adalah ITC Depok, Depok Town Square, dan Margo City.

Saat ini, bila hujan turun selama dua-tiga jam, genangan air yang mencapai 40-50 cm di Jalan Margonda Raya setidaknya empat titik. Di antaranya di depan Terminal Depok dan jalan menjelang pusat perbelanjaan Depok Town Square (Detos), dan depan SPBU Pondok Cina.

Sekretaris Komisi C DPRD Kota Depok Babai Suhaimi dan Pelaksana Tugas Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum Depok Wellman Naipospos mengungkapkan hal ini, Selasa (21/3).

Drainase di Jalan Margonda Raya hingga kini tidak pernah ditangani secara baik. ITC baru melaksanakan sebagian, tapi belum melakukan penyodetan. Ini memengaruhi terjadinya banjir di depan Terminal Depok, kata Babai. Demikian halnya pusat perbelanjaan Detos dan Margo City yang juga belum membangun drainase. Saluran pembuangan air dibuat ke jalur Jalan Karet dan akhirnya ke Kali Ciliwung.

Naipospos menambahkan, ITC saat ini sudah membangun kanal banjir dari kantor pemkot menuju terminal sepanjang 50 meter. Detos baru merencanakan membangun kanal banjir melalui Jalan Karet, sementara Margo City akan membangun di bahu jalur lambat. Ini penting untuk mengantisipasi banjir, katanya.

Selain wajib membangun drainase, pusat perbelanjaan di Depok juga wajib menyediakan jembatan penyeberangan orang, terutama Detos dan Margo City. Ini penting agar lalu lalang orang menyeberang tidak mengganggu lalu lintas di Jalan Margonda Raya. Pusat perbelanjaan Detos dan Margo City berhadap-hadapan. Margo City rencananya beroperasi akhir Maret ini. (KSP)

Post Date : 22 Maret 2006