Puncak Rob Sudah Lewat

Sumber:Suara Pembaruan - 07 Juni 2008
Kategori:Banjir di Jakarta

[JAKARTA] Banjir air laut pasang (rob) hingga Sabtu (7/6)pagi masih menggenangi lima RT di Muara Baru, Jakarta Utara. Air mulai surut dengan ketinggian tinggal 50-60 sentimeter (cm). Warga tidak terlalu khawatir sebab informasi yang beredar puncak rob sudah terjadi pada Jumat malam yang mencapai 1,2 meter.

Hingga berita ini diturunkan, lima RT yang masih digenangi air itu, yakni RT 7, 15, 16, 17, dan 18. Semuanya ada di RW 17.

"RT 17 dan 18 adalah wilayah dengan ketinggian rob tertinggi. Ketinggian air pada Sabtu (7/6) lebih rendah dibanding Jumat (6/6) pukul 01.30 WIB yang mencapai 1,2 meter. Dapat dikatakan saat itu adalah puncak rob, siaga satu," papar Sekretaris RW 17 Dulkadi kepada SP Sabtu pagi.

Dikatakan, pada Sabtu (7/6) hingga pukul 01.30 WIB, belum ada warga yang mengungsi ke posko pengungsian. Menurutnya, warga merasa ketinggian air masih aman.

Sementara itu, Wakil Koordinator Lapangan PMI Jakarta Utara Sardjono menyatakan pada Jumat (6/6) siang diadakan pengobatan gratis di RT 16 RW 17 yang diikuti 285 jiwa terdiri dari balita hingga manula dari berbagai RT di RW 17. Mereka mengeluhkan penyakit seperti influenza, diare, dan gatal-gatal.

"Bakti sosial kami lakukan dengan sistem jemput bola kepada warga yang rumahnya terendam rob. Jika kami hanya menunggu warga datang ke Kantor RW 17 hambatannya banyak," ujar Sardjono.

Dijelaskan, rob itu berasal dari luapan air kali Sunda Kelapa. Diperparah dengan ketidakseimbangan letak laut dan daratan yaitu laut lebih tinggi dari daratan.

Dulkadi menambahkan, aktivitas jual beli di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Muara Baru tetap berjalan. Hanya truk peti kemas yang melewati Jl Raya Muara Baru. Sebagian besar truk dinaiki pedagang serta ember berisi ikan. Mereka harus memutar melewati Waduk Pluit untuk menghindari rob. "Aktivitas jual beli ikan tetap berjalan karena itu adalah kewajiban mereka," katanya. Ia berharap pada Sabtu malam ini ketinggian air lebih rendah dibanding Sabtu dini hari. Tetapi, pergerakan air akan terus dipantau. [IGK/Y-4]



Post Date : 07 Juni 2008