Puluhan Titik Sampah Kepung Sidoarjo

Sumber:Koran Sindo - 23 April 2012
Kategori:Sampah Luar Jakarta
SIDOARJO– Ironis! Menjelang penilaian penghargaan Adipura, Kabupaten Sidoarjo ternyata belum bersih. Sampah bahkan banyak berserakan di pinggir jalan.
 
Kondisi inilah yang membuat beberapa kalangan khawatir, Kabupaten Sidoarjo kembali tak akan mendapatkan penghargaan tertinggi di bidang kebersihan dari pemerintah pusat itu,seperti halnya tahun lalu. Dari pengamatan di lapangan, ada puluhan titik yang dijadikan tempat pembuangan sampah.Ini tersebar seperti di kawasan Jalan Lingkar Timur, mulai Kecamatan Candi, seperti Kebonsari, Klurak, Gebang, Kemiri,Sidoarjo,sampai Buduran. 
 
Untuk di lingkar timur, sebenarnya sudah ada lokasi yang diperuntukkan pembuangan sampah.Kenyataannya,warga masih membuang sampah di sembarang tempat. Bahkan, tumpukan sampah ditepi jalan itu jika sudah banyak kemudian dibakar. Sementara di kawasan Sidoarjo bagian selatan, seperti di kawasan Porong sampai Kecamatan Krembung, ada beberapa titik tepi jalan yang dijadikan tempat pembuangan sampah. ”Di tepi jalan kok dijadikan tempat pembuangan sampah, kelihatan kotor,” ujar Agus Hariyanto,warga Porong. 
 
Kondisi serupa juga terlihat di sepanjang jalan mulai Gedangan sampai Sedati.Tumpukan sampah telihat dibeberapa titik jalan, bahkan jika hujan kondisinya membuat jalan becek dan berbau. Supriyadi, aktivis peduli lingkungan Sidoarjo mengatakan, jika kondisi sampah yang berserakan tidak segera diatasi, bukan tidak mungkin Sidoarjo akan gagal lagi meraih penghargaan Adipura. ”Saat ini kan mulai penilaian Adipura.Kalau melihat sampah seperti itu, tentu akan mengurangi penilaian,” ucapnya. 
 
Tumpukan sampah di tepi jalan, lanjut Supriyadi, karena masyarakat kurang sadar akan pentingnya kebersihan. Sehingga, mereka berangkat kerja sambil menenteng kantong berisi sampah dan dibuang di tepi jalan. Lama-kelamaan, akan terjadi tumpukan sampah yang tidak enak dilihat. Untuk itulah,Supriyadi meminta agar Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Sidoarjo segera mengangkut sampahsampah yang berserakan di tepi jalan.
 
”Solusinya,DKP menyediakan Tempat Pembuangan Sementara (TPS) di tiap kecamatan,” pintanya. DKP juga harus gencar bersosialisasi kepada warga agar tidak membuang sampah sembarangan. Sebab, jika sampah masih menumpuk seperti itu,Sidoarjo akan gagal lagi meraih Adipura,seperti tahun lalu. abdul rouf 


Post Date : 23 April 2012