Puluhan Rumah Terendam Banjir

Sumber:Suara Merdeka - 12 Mei 2010
Kategori:Banjir di Luar Jakarta

SUKOHARJO - Puluhan rumah di Desa Ngreco, Kecamatan Weru, Kabupaten Sukoharjo terendam banjir akibat luapan Sungai Jlumbang di timur desa tersebut, Selasa (11/5) malam.

Banjir setinggi pinggang orang dewasa tersebut juga menggenangi jalan utama menuju Manyaran, Wonogiri, dan Semin, Gunungkidul. Akibatnya, sejumlah pengendara sepeda motor dan mobil terjebak di tengah jalan.

Selain itu, Puskesmas Weru dan Koramil Weru juga terendam. Informasi menyebutkan, sebelum banjir melanda, hujan deras mengguyur wilayah Weru dan sekitarnya mulai pukul 19.00. Sekitar pukul 21.00, hujan belum juga reda hingga menyebabkan Sungai Jlumbang meluap. “Sampai sekarang belum ada laporan tentang korban jiwa,” ujar Totok, salah seorang warga.

Meski demikian, warga yang rumahnya terendam panik dan keluar untuk melihat situasi. Sebab, di jalan raya belasan kendaraan macet akibat terjebak banjir.

Menurut beberapa warga, luapan air Sungai Jlumbang tersebut memang besar sehingga merendam perkampungan di sekitarnya. “Biasanya sungai meluap kalau hujan di atas (Wonogiri) deras,” ujar Warto, warga lainnya.

Ditambahkannya, arus lalu lintas dari utara (Sukoharjo) maupun dari arah selatan macet total. Kendaraan-kendaraan yang akan lewat tidak berani menerobos banjir.

“Di dekat lapangan sepak bola selatan Polsek Weru banyak kendaraan yang macet di tengah jalan, lalu didorong menepi oleh warga,” ujarnya. Hingga berita ini ditulis semalam, hujan masih turun dan kemacetan belum terurai. (H46-65)



Post Date : 12 Mei 2010