Puluhan Ribu Pelanggan Kesulitan Air Bersih

Sumber:Koran Tempo - 09 Oktober 2008
Kategori:Air Minum

MAKASSAR -- Kemarau panjang membuat Makassar, Sulawesi Selatan, mengalami kekeringan dan menurunkan produksi air bersih Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Makassar. Akibatnya, puluhan ribu atau separuh dari 138 ribu pelanggan di Makassar kesulitan memperoleh pasokan air bersih. 

Di kedua wilayah tersebut, pelanggan mendapat pasokan air bersih dari Instalasi Penjernihan Air 2 Panaikang. "Terpaksa kami beli air jeriken 20 liter Rp 2.000," kata Ratna Aryani, warga BTN Nusa Tamalanrea Indah, kepada Tempo kemarin. Kondisi ini berlangsung selama sebulan terakhir sejak air PDAM di rumahnya lebih sering tidak mengalir

Menurut Muhammad Hasanuddin, warga Jalan Sabutung Baru, Makassar, pasokan air dari PDAM mengalir hanya satu-dua jam pada pukul 02.00 Wita. "Kadang airnya keruh, jadi terpaksa kita membeli air gerobak yang harganya mulai Rp 500 hingga Rp 1.000 per jeriken," katanya.

Menurut Kepala Hubungan Masyarakat PDAM Makassar Muhammad Jufri Sakka, dalam kondisi normal, instalasi ini mampu memproduksi 1.000 liter per detik. "Tetapi sudah sebulan ini jumlah produksi tidak sampai separuhnya," kata Jufri kemarin.

Solusinya, "Terpaksa dibantu pasokan air bersih dengan mobil tangki," ujar Jufri. Saat ini PDAM Makassar memiliki 14 unit mobil tangki yang dipakai memasok air bersih ke wilayah tersebut dengan minimal pasokan 30 tangki per hari.

Sejak tiga tahun lalu, kata Jufri, baru kali ini pihaknya memasok air bersih menggunakan mobil tangki, padahal pada kemarau 2006 dan 2007 lalu tidak separah tahun ini. Dia berharap nantinya pelanggan tidak lagi kesulitan air bersih. "Saat ini infrastruktur saluran permanen air bersih di hulu Leko Paccing sedang dikerjakan."

Di Sumatera Barat mulai memasuki musim hujan, sehingga kondisi air Danau Singkarak, Danau Maninjau, dan Waduk Koto Panjang kembali normal. Selain memperbaiki pelayanan air untuk irigasi dan bahan baku air minum, juga pemerintah setempat memaksimalkan sumber pembangkit listrik tenaga air. IRMAWATI | FEBRIANTI



Post Date : 09 Oktober 2008