Pulau Manuk Nikmati Air Tawar

Sumber:Indopos - 02 April 2008
Kategori:Air Minum

WARGA Dusun Pulau Manuk, Desa Sonok, Kecamatan Nonggunong mulai tahun ini mereka sudah bisa menikmati air bersih dari proyek desalinasi atau penyulingan air laut menjadi air tawar.

Proyek yang dianggarkan pada APBD 2007 ini bahkan sudah beroperasi. "Masyarakat tidak susah lagi mendapatkan air bersih. Kini air bersih dengan mudah didapat," kata Kepala Desa Sonok, H Zainal Arifin.

Kondisi ini berbalik dibandingkan tahun sebelumnya dimana kawasan tersebut merupakan wilayah krisis air bersih. Semenjak ada desalinasi, kini masyarakat bisa mendapatkan air bersih.

Camat Nonggunong, Mohammad Noer yang dikonfirmasi menambahkan, masyarakat Dusun Pulau Manuk sudah menikmati air bersih hasil proyek desalinasi dimana pengoperasionalnya dan dikelola masyarakat sendiri.

"Masyarakat sangat bersyukur dengan adanya proyek ini. Proyek desalinasi itu benar-benar dibutuhkan masyarakat kepulauan yang membutuhkan air bersih dengan mudah dan murah," katanya.

Noer juga berharap, kedepan proyek itu bisa lebih dikembangkan di kepulauan lain khususnya yang selama ini kesulitan mendapatkan air bersih. "Alhamdulillah, saat ini warga Dusun Pulau Manuk yang terpisah laut dari Desa Sonok itu sudah merasakan air bersih," ujarnya bangga.

Mengenai desa di daratan yang mengalami kesulitan air bersih tawar, lanjut Noer, juga telah mendapatkan bantuan proyek air bersih dari program wslic. (zr/rd)



Post Date : 02 April 2008