Proyek Pengadaan Air Bersih Terbengkalai

Sumber:Koran Sindo - 15 Februari 2008
Kategori:Air Minum
MUARADUA (SINDO) Pembangunan di OKU Selatan terus jadi sorotan.Setelah proyek tahun jamak terbengkalai, kini proyek air bersih terlantar.

Meski berjalan, sebagian besar proyek yang didanai APBD Kab OKU Selatan itu tak sesuai harapan. Seperti proyek pengadaan air bersih di Desa Tanjung Besar, Kec Mekakau Ilir,dengan nilai kontrak mencapai Rp1,1 miliar.Jauhari,43,warga Tanjung Besar,mengungkapkan, seharusnya proyek ini sudah dapat dinikmati masyarakat.

Tapi, hingga kini pembangunannya tak kunjung selesai, cetus Jauhari kemarin. Pihaknya menduga, kontraktor sudah tak sanggup lagi menyelesaikan proyek tersebut dengan alasan kekurangan modal.Sebab,dari beberapa bak penampungan air yang akan dibangun, hanya satu bak air yang sudah terlaksana. Itu pun kondisinya sangat memprihatinkan.

Akibatnya, kata Jauhari, banyak warga yang mengeluh karena masyarakat berharap proyek pengadaan air bersih dapat sesuai jadwal dengan kondisi seperti yang diharapkan. Namun, kenyataan berbeda. Hasil pembangunan minim dan kondisinya memprihatinkan. Masyarakat di sini betul-betul kecewa terhadap pelaksanaan proyek tersebut, ungkap Jauhari kesal.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kab OKU Selatan Usman MU mengaku tak mengherankan dengan banyaknya proyek pembangunan di OKU Selatan yang amburadul. Dari hasil reses, pihaknya memperkirakan sekitar 70% pembangunan di Kab OKU Selatan jauh dari kata memuaskan. Terutama, pembangunan jalan raya.Baru beberapa bulan dikerjakan, sekarang sudah hancur, ungkap Usman.

Amburadulnya sejumlah proyek pembangunan di Kab OKU Selatan,termasuk pengadaan air bersih di Desa Tanjung Besar, diakui Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kab OKU Selatan A Sudirman. Kontraktor pengadaan air bersih itu sudah angkat tangan.Mereka tidak sanggup lagi melanjutkan pembangunan, ungkap Sudirman.Untuk itu,pihaknya sudah memutus kontrak Rp1,1 miliar itu dengan pihak kontraktor. (ashariansyah)



Post Date : 15 Februari 2008