Proyek Goa Bribin II Siap Digunakan

Sumber:Kompas - 28 Oktober 2009
Kategori:Air Minum

Yogyakarta, Kompas - Proyek untuk mengangkat air bawah tanah Bribin II selesai terpasang dan siap beroperasi. Menurut rencana, proyek yang sempat tertunda selama dua tahun tersebut diresmikan 10 Maret 2010.

Wakil Tim Universitas Karlsruhe Jerman untuk Proyek Bribin II, Solichin, mengemukakan, uji coba tahap akhir selesai dilaksanakan Jumat pekan lalu. Dalam uji tersebut, anggota tim menyempurnakan sistem operasi manual dan mengganti pipa-pipa yang berpotensi bocor. "Sistem manual sudah berfungsi dengan baik. Saluran ke rumah-rumah penduduk juga sudah tersedia karena menggunakan sistem saluran yang lama," tuturnya di Yogyakarta, Selasa (27/10).

Bila sudah dioperasikan, proyek terletak di Dusun Sindon, Desa Dadapayu, Kecamatan Semanu, Gunung Kidul, itu mampu mengalirkan air sebanyak 2 meter kubik setiap detik. Debit aliran air ini lebih kurang sama, baik di musim hujan maupun kemarau. Dengan kapasitas tersebut, Bribin II yang menggunakan sistem bendungan bawah tanah pertama di dunia itu diperkirakan mampu memenuhi kebutuhan sebanyak 7.500 penduduk.

Menurut Solichin, untuk tahap awal, air bersih dari Bribin II akan dialirkan ke lima dusun di sekitarnya yang sebelum adanya proyek Bribin I selalu mengalami kesulitan air di musim kemarau. "Proyek Bribin II yang memanfaatkan gravitasi bumi ini menggantikan Bribin I yang masih menggunakan diesel. Biayanya akan lebih murah karena tidak perlu lagi membutuhkan banyak bahan bakar," kata Solichin.

Pembangunan infrastruktur proyek Bribin II dimulai sejak 2005 dan sempat berhenti dua tahun akibat gempa bumi pada 2006. Proyek pengeboran dan pemompaan air bawah tanah dari Goa Bribin merupakan kerja sama Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan), Pemerintah Provinsi DIY, Kementerian Negara Riset dan Teknologi, dan pihak Jerman yang terdiri atas Kementerian Federal Pendidikan dan Riset, Universitas Karlsruhe, serta perusahaan Herrenknecht Aktien Gesellschaft (AG) Schwanau.

Koordinator Peneliti Bribin II Batan Agus Taftazani mengatakan, Bribin II rencananya dilanjutkan dengan proyek Seropan II. Keduanya kemudian akan digabungkan dalam satu sistem yang terpadu atau integrated water resourse management. (IRE)



Post Date : 28 Oktober 2009