Proyek Air Rp 1 M Mangkrak

Sumber:Indo Pos - 08 November 2007
Kategori:Air Minum
BANYUWANGI - Proyek pipanisasi dan pengadaan air bersih senilai Rp 1 miliar di Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari, Banyuwangi kini mengenaskan. Proyek yang dibiayai pemerintah pusat itu sudah selesai dua bulan lalu, namun hingga kini juga belum beroperasi.

Tragisnya, beberapa bak penampung dari fiberglas untuk distribusi air bersih ke warga, ternyata sudah yang rusak. Ada bak yang bocor dan bangunannya juga sudah retak. "Sejak selesai dibangun beberapa bulan lalu, bak air ini belum pernah dipakai," terang Sutakrib, warga Dusun Krajan, Karangdoro.

Menurut Sutakrib, kampungnya termasuk perbukitan yang sangat butuh proyek pengadaan air bersih tersebut. Sebab, setiap kemarau panjang, daerah itu sering kesulitan air. "Kalau lama tidak ada hujan, kami kesulitan air bersih," tuturnya.

Dia menambahkan, warga daerah itu sebenarnya menyambut baik dengan proyek air bersih yang didanai APBN itu. Mereka juga bahagia dibuatkan bak penampung air di samping rumah. Namun, warga juga heran dengan belum beroperasinya fasilitas air bersih itu. "Untuk mengoperasikan, katanya akan ada kumpulan lagi, saya tidak tahu kumpulan apa itu," ujarnya.

Sayangnya kepala Desa (Kades) Karangdoro Katiman belu bisa dihubungi wartawan koran ini. Namun menurut Ketua BPD Karangdoro Zaid Muklasin, proyek pengadaan air bersih di desanya itu sudah lama beroperasi. "Masak belum operasi, setahu saya air bersih itu sudah jalan," ujarnya heran.

Menurut Zaid, pengelola air bersih itu juga sudah dibentuk pengurus. Mereka bertugas mengurus operasional air bersih. "Proyek air bersih di Desa Karangdoro ini ada dua titik, satu di Dusun Krajan, dan satu lagi di Dusun Sumberagung," bebernya.

Untuk kedua proyek itu, kata Zaid, semuanya menghabiskan dana sekitar Rp 1 Miliar. Dana sebesar itu, Rp 500 juta untuk pipanisasi di Dusun Krajan dan Rp 500 juta lainnya untuk biaya di Dusun Sumberagung.

Dalam pengerjaan di lapangan, pipanisasi di Dusun Sumberagung tidak diberi tower. Sebagai gantinya, tower yang dibuat untuk menampung air dan selanjutnya disalurkan ke beberapa bak penampung yang dipusatkan di Dusun Krajan. "Untuk di Dusun Sumberagung, setahu saya memang belum beroperasi. Tetapi kalau yang di Dusun Krajan, kayaknya sudah dipakai warga kok," sebutnya. (abi)



Post Date : 08 November 2007