Proyek Air Bersih, Digelontor Rp 15 M

Sumber:Indopos - 05 Juni 2007
Kategori:Air Minum
TRENGGALEK- Kesulitan air bersih bagi warga yang berada di daerah pegunungan Trenggalek bakal teratasi. Pasalnya, Pemkab Trenggalek akan mengerjakan proyek prasarana air bersih di wilayah Bendungan. Dana yang digelontor pun tergolong besar, yakni Rp 15,5 miliar.

Dana tersebut berasal dari APBN senilai Rp 11 miliar. Sedang dana pendamping dari APBD Trenggalek untuk penyertaan modal sekitar Rp 4,5 miliar. Anggaran tersebut dipergunakan untuk pipanisasi puluhan kilometer.

Seperti diakui Ketua Komisi C DPRD Trenggalek Akbar Abbas, pembangunan prasarana air bersih akan memanfaatkan dam bayong, Kecamatan Bendungan. Dari dam ini akan disalurkan atau dialirkan ke beberapa wilayah yang berada di bawahnya dam Bayong tersebut. Di dam Bayong ini memiliki kemampuan debit air sebesar 30 ribu per menit/kubik liternya.

Dengan kemampuan itu warga yang berada di Botoputih, Dompyong, Dukuh Dilem, semuanya berada di Kecamatan Bendungan, tak lagi kesulitan air bersih lagi. "Pembangunan ini akan dilakukan pipanisasi sepanjang 17 kilometer," kata Abbas usai menghadiri rapat dengan PDAM ini.

Tidak hanya daerah di Bendungan saja. Tapi di Trenggalek kota, Karangan, Tugu, Pogalan, akan mudah mendapat air bersih tersebut.

Selain itu, kata ketua DPC PDIP, proyek itu jika sudah kelar akan diserahkan ke PDAM. Diharapkan, kata Abbas, PDAM akan bertambah pelanggalannya. Dengan pertambahan jumlah pelanggan ini maka PDAM akan semakin hidup. "Jika sekarang hanya punya pelanggan berjumlah 5 ribu, diharapkan naik seratus persennya," tegasnya. (cam)



Post Date : 05 Juni 2007