|
Pendidikan kesehatan yang dewasa ini lebih dikenal dengan promosi kesehatan adalah suatu pendekatan untuk meningkatkan kemauan dan kemampuan masyarakat untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan. Buku ini memuat tulisan para pakar di bidangnya yang mencakup berbagai teori konsep promosi kesehatan dan aspek-aspek yang terkait dengan promosi kesehatan, serta konsep penerapan promosi kesehatan di berbagai tatanan. Secara garis besar buku ini terdiri dari 3 bagian, yaitu pertama teori dasar promosi dan perilaku kesehatan serta aspek sosio-budaya dalam kesehatan sebagai determinan kesehatan, kedua teori dan konsep penunjang promosi kesehatan, seperti komunikasi kesehatan, advokasi, pemasaran sosial, serta bagian terakhir tentang penerapan atau konsep aplikasi promosi kesehatan mulai dari perencanaan dan evaluasi promosi kesehatan, sampai pada aplikasinya di berbagai tatanan seperti tempat kerja, sekolah, rumah sakit dan masyarakat. Daftar isi: Kata Pengantar Bagian PertamaTeori Dasar Promosi Kesehatan 1.Promosi Kesehatan dalam Kesehatan Masyarakat 2.Konsep Promosi Kesehatan 3.Konsep Perilaku Kesehatan 4.Aspek Sosial Budaya yang Berhubungan dengan Perilaku Kesehatan 5.Pendekatan Sistem Sosial suatu Kerangka Analisis Promosi Kesehatan 6.Persepsi dalam Promosi Kesehatan 7.Motivasi dalam Promosi Kesehatan Bagian KeduaTeori Penunjang Promosi Kesehatan 8.Komunikasi Kesehatan 9.Pemasaran Sosial dalam Promosi Kesehatan 10.Konsep Advokasi dalam Kesehatan 11.Aplikasi Advokasi dalam Promosi Kesehatan 12.Kemitraan dalam Promosi Kesehatan 13.Pemberdayaan Masyarakat dalam Promosi Kesehatan 14.Metode dan Media Promosi Kesehatan Bagian KetigaAplikasi Promosi Kesehatan 15.Perencanaan Promosi Kesehatan 16.Evaluasi Promosi Kesehatan 17.Promosi Kesehatan melalui Pengorganisasian dan Pengembangan Masyarakat 18.Promosi Kesehatan di Tempat Kerja 19.Promosi Kesehatan di Sekolah 20.Promosi Kesehatan di Rumah Sakit Post Date : 06 September 2007 |