Produksi Air Bersih Berkurang 25 Persen

Sumber:Suara Merdeka - 18 Juli 2008
Kategori:Air Minum

KUDUS - Pasokan air bersih yang dihasilkan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kudus beberapa pekan terakhir mengalami penurunan. Hal tersebut bukan disebabkan datangnya musim kemarau, tetapi terkait adanya pemadaman listrik akhir-akhir ini.

Direktur PDAM Kudus, Bambang Sri Santoso, mengemukakan hal itu, Kamis (17/7). Dijelaskan, besarnya penurunan mencapai 25 persen. ”Penurunan disebabkan pompa air yang kami miliki tidak dapat dioperasionalkan saat listrik padam,” jelasnya.

Saat ini jumlah sumur produksi yang ada mencapai 27 unit. Tiga sumur baru masih dalam proses pembangunan, yakni di Cendono (Dawe), Tanjungkarang (Jekulo) dan Kaliwungu (Kaliwungu). Pembuatan satu unit sumur produksi diperkirakan menghabiskan dana  Rp 400 juta.

Untuk produksi air bersih yang ada saat ini mencapai 255 kubik per detik. Sedangkan jumlah pelanggan tercatat 17.600 rumah tangga. Setiap sumur baru diperkirakan akan menambah pelanggan baru sebanyak 700 - 800 pelanggan baru.

Berdasarkan pengalaman tahun lalu, kekeringan terjadi setiap Juli - Agustus. Hanya saja, hingga saat ini pihaknya belum pernah melakukan penggiliran distribusi. Sedangkan sumur produksi yang lebih berpotensi mengalami penurunan debit, yakni di Undaan. ”Kami bahkan sudah mengedrop air bersih ke Terangmas dan Glagahwaru (Undaan-Red),” jelasnya.

Sedia Genset

Sebenarnya, sudah ada upaya untuk mengantisipasi hal tersebut. Salah satunya dengan menyediakan genset. Hanya saja, jumlah peralatan tersebut belum semuanya dimiliki semua pompa produksi. Dari tiga unit yang ada, satu di antaranya bahkan tidak dapat dioperasikan, karena masih dalam tahap perbaikan.

Untuk satu jam pemadaman, pihaknya menaksir air bersih yang tidak dapat dijual kepada pelanggan sebanyak 240 meter kubik. Jumlah tersebut setara dengan Rp 3,2 juta.

Soal kebijakan yang diambil PT PLN, pihaknya mengaku, tidak dapat berbuat banyak. Mengingat, semua proses produksi memang sangat bergantung dari tenaga listrik.

Diakui atau tidak, hal yang seperti itu berdampak pada  17.500 pelanggannya. Bila waktu pemadaman lama, tentu pasokan yang diberikan kepada pelanggan juga berkurang. (H8-36)



Post Date : 18 Juli 2008