PMI Pusat Siapkan Program Sejuta Sekop

Sumber:Kompas - 17 Mei 2010
Kategori:Sanitasi

Sumedang, Kompas - Untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan mencegah berbagai penyakit, seperti demam berdarah dengue, Palang Merah Indonesia Pusat menyiapkan program sanitasi lingkungan dengan sejuta sekop. Sekop tersebut akan dibagikan kepada para sukarelawan PMI untuk membersihkan selokan dan saluran air kotor yang tersumbat di sejumlah kota besar.

Demikian disampaikan Ketua Umum Palang Merah Indonesia Pusat, yang juga mantan Wakil Presiden RI, M Jusuf Kalla saat meresmikan pembangunan gedung dan kantor bagi pengelolaan dan perawatan fasilitas air dan sanitasi darurat di kompleks Universitas Winaya Mukti, Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Sabtu (15/5). Fasilitas itu, antara lain, dilengkapi dengan mesin penjernih air yang bisa digunakan untuk membantu korban bencana alam.

Berbagai fasilitas itu dibangun dengan dana sumbangan dari Palang Merah Spanyol (Spanish Red Cross/SRC) yang diperkirakan mencapai Rp 35 miliar. Hadir pula pada acara tersebut Ketua Delegasi Palang Merah Internasional Bob Mc Kerrow dan perwakilan PMI Spanyol Oscar Medina.

”PMI bekerja bukan hanya saat terjadi keadaan darurat saja. Akan tetapi, diharapkan sebelum bencana itu tidak terjadi, PMI bisa ikut mencegah dan mengatasinya,” kata Jusuf Kalla. (HAR/REK)



Post Date : 17 Mei 2010