PKS Sediakan Air Bersih

Sumber:Indo Pos - 24 April 2006
Kategori:Air Minum
Banjir bandang yang melanda Trenggalek pada lima hari lalu masih meninggalkan permasalahan. Yakni lumpur serta kurangnya ketersediaan air bersih diberbagai daerah. Sampai saat ini hampir seluruh korban banjir mengeluhkan tentang air sumur mereka yang tidak bisa digunakan untuk minum dan keperluan lainya. Belum lagi lumpur yang ditinggalkan banjir membuat warga harus bersusah payah untuk mendapatkan air bersih.

Partai Keadilan Sejahtera Kabupaten Tremggalek dengan Posko Penanggulangan Bencananya (P2B) tidak tinggal diam melihat. Mulyono Ibrohim selaku ketua Posko Penanggulangan Bencana Trenggalek menyampaikan salah satu program recovery yang digulirkan oleh Partai Keadilan Sejahtera Trenggalek adalah penyediaan air bersih.

"Sampai saat ini pihak kami sudah menurunkan tujuh diesel untuk penyediaan air bersih. Lima dioprasikan di Pogalan dan dua dioperasikan di Ngares. Selain itu kami juga menyediakan satu unit mobil tanki yang digunakan keliling ke tempat-tempat yang membutuhkan air bersih. Pihak kami terus melakukan survey ke daerah-daerah bencana, kalau memang diperlukan kami akan menambah armada yang akan menyediakan air bersih," imbuh Mulyono.

Program penyediaan air bersih ini dirasakan sangat vital untuk mencegah munculnya wabah penyakit pasca banjir seperti penyakit kulit, desenteri, dan sejenisnya. Di beberapa daearah seperti Desa Pandean, Kecamatan Durenan, warga mulai mengeluh gatal-gatal. Warga yang menyambut baik aksi ini sebab dengan keberadaan diesel dan mobil tanki yang disediakan P2B Partai Keadilan Sejahtera Trenggalek. Mereka lebih mudah mendapatkan air untuk membersihkan rumah sekaligus mendapatkan pasokan air minum untuk minum, keperluan memasak dan mandi.

"Saya sangat berterimaksih sekali sudah sangat dibantu, saya juga siap bantu apapun," ujar Wasilah, salah seorang ibu rumah tangga yang mendapatkan bantuan. Hal senada juga disampaikan oleh Ibu Yati salah satu warga yang dekat dengan posko P2B menyampaikan bahwa dirinya senang dengan bantuan yang diberikan PKS berupa air bersih. Selain itu beliau juga memuji kekompakan relawan PKS yang mau dimintai tolong apa saja. "Kalau Mas-mas dari PKS kompak. Kemana-mana bareng dan tidak keberatan kalau dimintai tolong apapun," ujarnya.

Bahkan begitu antusiasnya tanggapan warga sampai-sampai di Desa Kedung Lurah, Kecamatan Pogalan warga sampai mau bersusah payah membuat spanduk ucapan terimakasih pada PKS. Beberapa daerah yang telah didatangi oleh relawan PKS untuk penyediaan air bersih, diantaranya RT 14 Desa Ngares, Ngadirenggo, Jati Sari, Kedunglurah dan beberapa daerah yang lain. Sampai saat ini tim P2B PKS masih terus bekerjasama dengan masyarakat untuk bersih-bersih lingkungan dan penyediaan air bersih untuk daerah setempat, pembagian sembako dan pelayanan kesehatan secara gratis. (des)

Post Date : 24 April 2006