Pipa PDAM Bocor, Pasokan Air Terhenti

Sumber:Pikiran Rakyat - 12 Mei 2008
Kategori:Air Minum

CIANJUR, (PR).-Sejumlah pelanggan PDAM di tiga kawasan Kab. Cianjur, Minggu (11/5), mempertanyakan penyebab terhentinya pasokan air. Sebab, sebelumnya tidak ada pemberitahuan dari pihak PDAM Cianjur.

Berdasarkan informasi, terhentinya pasokan air PDAM tersebut dirasakan pelanggan di kawasan Panembong, Arwinda, dan Jalan Raya Dr. Muwardi Cianjur Kota. Mereka mengatakan, pasokan air ke berhenti mendadak tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu. Akibatnya, mereka mengeluh karena tidak sempat menyiapkan persediaan air. "Tidak tahu kenapa, tiba-tiba air tidak ngocor. Padahal saya belum siap-siap, jadi tidak punya persediaan air. Kami minta kalau ada perbaikan, hendaknya ada pemberitahuan," kata Yayan warga Panembong, Kab. Cianjur.

Mengenai terhentinya distribusi air tersebut, Humas PDAM Cianjur Budi Karyawan membenarkan telah terjadi penghentian distribusi di tiga kawasan itu. Namun, kejadian itu di luar rencana, sehingga PDAM tidak sempat melakukan sosialisasi. "Kami juga baru tahu, setelah ada keluhan dari pelanggan kami, air ke tempat mereka terhenti," katanya.

Menurut dia, setelah mendapat laporan dari pelanggan, pihaknya langsung melakukan penelusuran. Akhirnya, penyebab yang membuat terhenti-nya distribusi itu bisa diketahui, yaitu ada beberapa pipa yang mengalami kebocoran.

"Ada tiga titik lokasi pipa distribusi yang bocor. Penyebabnya karena di lokasi tersebut ada pekerjaan galian kabel serat optik. Akibatnya bocornya pipa distribusi itu membuat layanan kepada pelanggan menjadi terganggu," ujarnya.

Terkait dengan kejadian itu, Budi mengungkapkan, pihaknya sudah melayangkan surat kepada pihak yang melaksanakan pekerjaan galian kabel serat optik tersebut. Namun, pihaknya belum mendapat jawaban. Padahal selain PDAM, pelanggan juga dirugikan dengan kejadian itu. Apalagi saat pipa distribusi PDAM yang ada di lokasi itu mengalami kebocoran, PDAM tidak mendapat pemberitahuan.

"Kami sangat menyayangkan, pekerja yang menggali saat kejadian itu tidak memberitahu kami," ujarnya. (A-116)



Post Date : 12 Mei 2008