Pipa Air Belanda di Glenmore Dirindukan Turis

Sumber:Detikcom - 24 Oktober 2008
Kategori:Air Minum

Banyuwangi - Bangunan atau benda-benda peninggalan masa penjajahan Belanda masih bermanfaat hingga kini. Salah satunya sebuah pipa yang ada di Kecamatan Glenmore, Banyuwangi, Jatim.

Pipa kuno yang sering disebut Pipa Sarengan berdiameter 50 cm dan mempunyai panjang 500 meter itu mampu menjadi media mengalirnya air untuk memenuhi kebutuhan warga.

Selain mengairi berhektar-hektar lahan persawahan dan air minum warga, Pipa Sarengan ini juga memenuhi kebutuhan air di pabrik perkebunan Glenmor.

"Air yang mengalir di Pipa Sarengan ini masih jernih dan bersih," terang Maman, salah seorang warga setempat kepada detiksurabaya.com, Jumat (21/10/2008).

Sarat dengan nilai sejarah, tak heran banyak turis asal Belanda kerap singgah ke Desa Margomulyo di hari-hari tertentu. Seperti saat musim liburan. Meski hanya sekedar mengagumi hasil karya nenek moyang mereka, mereka juga menikmati suasana kawasan tersebut.

"Selain menikmati suasana sekitar, kadang serombongan turis datang ke sini hanya untuk menelusuri panjangnya pipa itu," kenang Maman.

Selain Pipa Sarengan, di Kecamatan Glenmor masih banyak bangunan peninggalan masa penjajahan Belanda. Seperti gedung stasiun kereta api, sekolah, pabrik dan rumah-rumah menir. (fat/fat)



Post Date : 24 Oktober 2008