Petisi untuk Indonesia Sehat

Sumber:Kompas - 02 Juli 2009
Kategori:Sanitasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dilandasi tekad untuk mewujudkan sebuah bangsa yang lebih sehat, masyarakat diajak berkomitmen untuk melakukan hidup sehat melalui perilaku hidup bersih dan sehat dengan membiasakan mencuci tangan dengan sabun, memperhatikan keseimbangan gizi dan menjaga kebersihan lingkungan.

Seruan itu merupakan inti dari Petisi Nasional "Keluarga Sehat Indonesia Sehat" yang digagas oleh Lifebouy bersama dengan Komisi Perlindungan Anak Indonesia, Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Pusat, LSM Spektra Surabaya, dan 90 radio di 65 kota di Indonesia. Petisi tersebut diterbitkan kemarin (1/7) di Jakarta.

Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) melalui program petisi ini didasari oleh hasil survei Indonesia Sehat, Mei 2009, tentang persepsi masyarakat akan hidup sehat yang melibatkan 1.042 responden di empat kota besar, yakni Jakarta, Bandung, Surayaba, dan Medan.

Hasil survei antara lain menunjukkan 97 persen setuju kesehatan adalah prioritas utama untuk membentuk negara yang kuat. Sebanyak 94 responden juga berpendapat kesehatan akan meningkatkan produktifitas dalam bekerja untuk mendapatkan penghasilan yang lebih baik.

Petisi ini rencananya akan disebar di lima provinsi, meliputi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Lampung. Namun menurut Senior Brand Manager Lifebouy, Erwin Cahaya Adi, penyebaran petisi di luar kelima provinsi itu juga mungkin dilakukan dengan bantuan para mitra, seperti PKK yang ada di seluruh provinsi Indonesia. Dengan demikian target satu juta tanda tangan optimis bisa terlampaui.

Dari setiap satu tanda tangan komitmen dalam petisi Lifebouy akan mendonasikan Rp 100 untuk merevitalisasi posyandu di wilayah Indonesia Timur. Selain lewat petisi, upaya sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat juga dilakukan melalui program ke sekolah-sekolah, seminar nasional, dan sebagainya.



Post Date : 02 Juli 2009