Perusahaan Air Jepang Berinvestasi di Makassar

Sumber:Koran Tempo - 29 Oktober 2010
Kategori:Air Minum

MAKASSAR -- Perusahaan pembuatan pipa air minum Jepang, Kubotech, berencana melakukan investasi di Makassar, kata Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin, setelah melakukan lawatan ke Jepang dalam rangka memaparkan konsep mitigasi laut. 

"Dalam waktu dekat, Kubotech akan berinvestasi di Makassar. Perusahaan ini merupakan penyedia fasilitas air bersih dengan teknologi pipanisasi yang canggih," ujarnya di Makassar kemarin.

Ilham menambahkan, rencana ini akan dibicarakan lebih lanjut, namun realisasi kerja sama ini bisa terwujud dalam waktu dekat. Bentuk investasi yang akan dilakukan Kubotech adalah menyediakan saluran pipa ke sejumlah jaringan distribusi air PDAM dengan diameter 2,9 meter. "Sehingga, jika kerja sama ini terwujud, maka tingkat kehilangan air PDAM akan berkurang," ujarnya.

Tingkat kehilangan air PDAM saat ini telah mencapai 49 persen dari kapasitas produksi sebesar 2.340 liter per detik. "Dengan investasi Kubotech, tingkat kebocoran diharapkan berkurang 20 persen, sehingga mampu meningkatkan pendapatan PDAM sebesar Rp 5-6 miliar," ujarnya. Pendapatan PDAM saat ini Rp 11 miliar per bulan.

Dalam kerja sama itu, pemerintah kota tidak akan mengeluarkan anggaran sepeser pun, tapi pembagian keuntungannya berasal dari selisih investasi yang ditanamkan.

Juru bicara PDAM Makassar, Jufri Sakka, mengatakan rencana kerja sama dengan Kubotech sebelumnya telah dilakukan penjajakan selama kurang-lebih setahun. Kubotech sendiri dilaporkan telah melakukan pengkajian dan survei mengenai kondisi PDAM.

Pipa PDAM saat ini baru mencapai 3 juta meter. Jumlah tersebut dinilai masih belum ideal untuk memberikan layanan air bersih ke masyarakat. Saat ini jumlah pelanggan aktif sebanyak 149 ribu, sedangkan jumlah penduduk di Makassar 1,4 juta jiwa. "Pada 2010 ini kami targetkan 5.545 pelanggan baru dapat terlayani," ujarnya. MUH SOPHIAN AS



Post Date : 29 Oktober 2010