Perumahan Tidak Terpengaruh Krisis Sampah

Sumber:Jurnal Nasional - 29 Januari 2010
Kategori:Sampah Luar Jakarta

KRISIS sampah Kota Tangerang Selatan ternyata tak berpengaruh di beberapa perumahan di wilayah ini. Perumahan-perumahan ini umumnya telah bekerja sama dengan pihak lain dalam pengelolaan sampahnya. Hal yang berbeda terjadi di pasar-pasar tradisional dan perumahan penduduk di mana masih terlihat tumpukan sampah.

Idham Muchlis, Humas PT BSD City mengatakan sebagian besar kluster perumahan di Bumi Serpong Damai (BSD) mengelola sampahnya dengan bekerja sama dengan pihak swasta. “Sampah diangkut dibuang oleh pihak swasta tersebut,” kata Anton kemarin (28/1).

Kemana sampah tersebut dibuang menurutnya itu sudah urusan pihak swasta. Hal ini membuat krisis tak mampu Kota Tangerang Selatan membuang sampahnya tidak begitu berpengaruh ke BSD. Beberapa kluster yang bekerja sama dengan swasta seperti kluster di sektor 1, 12, dan 14.

Untuk kluster yang masih dalam pengelolaan pengembang, BSD masih terikat kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Tangerang. Perumahan di wilayah Bintaro juga dinilai tidak terpengaruh krisis sampah yang ada. Kepala Bagian Corporate Social Responsibility(CSR) Bintaro Jaya, Rudi Hartono mengatakan, selama ini memiliki armada truk sampah sendiri.

Armada truk sampah ini yang digunakan untuk mengangkut sampah di 12 ribu rumah yang ada. “Buangnya di Jatiwaringin, Kabupaten Tangerang,” kata Rudi. Hal ini terkait masih adanya kerja sama pengembang dengan Pemerintah Kabupaten Tangerang dalam hal pengelolaan sampahnya.

Di Bintaro sendiri menurutnya belum pernah ada kasus terjadi tumpukan sampah karena rutin diangkut dan dibuang setiap harinya. Hal yang sama juga terjadi di perumahan Alam Sutera. Menurut Humasnya, Liza Djohan, memang sempat terjadi keterlambatan pengangkutan sampah di Flavor Bliss, pusat restoran di perumahan ini.

“Alasannya armada pengangkut sampah tidak ada dari Tangerang Selatan,” kata Liza. Namun hal tersebut segera diatasi dengan mengerahkan perlatan milik sendiri sehingga tidak terlalu mengganggu. Untuk komplek perumahan Alam Sutera saat ini memang tidak terlihat penumpukan sampah karena sudah ada yang mengelolanya sendiri. Suriyanto



Post Date : 29 Januari 2010