Permintaan Air Bersih Naik 40%

Sumber:Koran Sindo - 17 Juli 2008
Kategori:Air Minum

BANDUNG (SINDO) – Sepanjang kemarau ini permintaan air bersih kepada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Bandung meningkat 40%.

Direktur Air Bersih PDAM Kota Bandung Tardan Setawan mengatakan, peningkatan permintaan ini sangat wajar dan lazim terjadi di hampir setiap musim kemarau. “Sekarang ini air sumur mulai dangkal karena memasuki musim kemarau.Wajar kalau permintaan air naik.”

 ”Tapi, dilematisnya warga yang tidak langganan PDAM, pasti kesulitan air bersih. Akhirnya mereka meminta pada tetangga yang langganan PDAM,” jelas Tardan kepada SINDO kemarin. Dia mengatakan, jika biasanya PDAM mendistribusikan air bersih sebanyak 300 kubik per hari, belakangan ini meningkat sekitar 500 kubik per hari.Kenaikan distribusi air bersih ini merata di Kota Bandung.

Di wilayah timur seperti Cicaheum mengalami kenaikan karena pemakaian air bersih di daerah bawahnya, Antapani, meningkat. ”Kalau pemakaian air bersih di daerah yang lebih rendah semakin meningkat, maka secara tidak langsung daerah di atasnya akan kesulitan air bersih.Imbasnya,pesanan kepada kami semakin meningkat,”tambah Tardan.

Pihaknya mengaku tak akan membatasi pendistribusian air bersih kepada warga Bandung.Pasalnya, debit air bersih tidak mengalami penurunan tetap berada di kisaran 2.600-2.700 liter per detik.”Masyarakat tidak perlu cemas dengan kondisi ini. Kami tidak membatasi distribusi air walaupun pesanan bertambah, ”tandasnya.

Sebelumnya, PDAM Kota Bandung melakukan pendistribusian bergilir untuk mengantisipasi penurunan debit air sumur artesis. Pendistribusian ini mulai diberlakukan di wilayah Bandung Barat sejak beberapa pekan lalu. Suplai air akan terganggu selama musim kemarau karena debit sumur air tanah turun sebesar 200 liter per detik.

Berdasarkan data yang ada, pendistribusian bergilir di wilayah Bandung Barat terjadi di daerah Rajawali, Garuda, Elang, Holis,Kompleks BPKB, Kompleks Holis Permai, Dian Permai, dan Cobolerang. Wilayah lainnya adalah Jalan Caringin, Jalan Bojong Raya. (wisnoe moerti)



Post Date : 17 Juli 2008