Peringati Hari Bumi, Punguti Sampah Plastik

Sumber:Jawa Pos - 21 April 2010
Kategori:Sampah Luar Jakarta

PROBOLINGGO - Sebanyak 28 pelajar dari MAN 2 Kota Probolinggo, Selasa (20/4) kemarin menggelar aksi peduli lingkungan. Para pelajar yang tergabung dalam Kader Lingkungan (Karling) itu memunguti sampah-sampah plastik di sepanjang Jl Flamboyan (dulu Jl Armada) Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan.

Dalam aksi yang dimulai sekira pukul 07.00 itu, para siswa didampingi lima panitia dan empat pendamping. Para pelajar itu mulai bergerak dari sekolah mereka di Jl Soekarno Hatta.

Sambil menenteng tas kresek atau keranjang tempat sampah, mereka memunguti setiap sampah plastik yang mereka temui di sepanjang Jl Flamboyan. Setiap sampah yang mereka temukan diambil. Kontan saja, jalan yang mereka lalui menjadi steril dari sampah plastik.

"Itu sebagai bentuk aksi nyata dari mereka untuk masyarakat," ujar seorang pembina lingkungan di MAN 2, Sulastri.

Sulastri menyatakan, gerakan tersebut selain kepedulian terhadap lingkungan juga untuk memperingati Hari Bumi yang jatuh pada Kamis (22/4). "Tujuannya, siswa bisa melakukan aksi lingkungan untuk perencanaan kampanye lingkungan," ujarnya.

Setelah di Jl Flamboyan para siswa dari kelas X dan kelas XI itu menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Jl Anggrek.

Sampah-sampah yang mereka peroleh ditimbang dan dikumpulkan di tempat tersebut. Selanjutnya, mereka belajar bagaimana caranya mendaur ulang sampah. Cara mendaur ulang sampah itu mereka dapat dari seorang pemateri dari Yayasan Satu Daun, Anton dkk.

"Besok sore (hari ini, red), akan dilanjutkan dengan kampanye lingkungan melalui karya seni teater, sebagai analisis masalah aksi nyata peduli lingkungan," ujar Sulastri. (rud/nyo)



Post Date : 21 April 2010