Peringatan Hari Air Dunia (Had) di Kabupaten Konawe - Sulawesi Tenggara

Sumber:AMPL - 01 April 2008
Kategori:Air Minum

Peringatan HAD di Kabupaten Konawe dilaksanakan sesuai rekomendasi Lokakarya Nasional Konsolidasi Pelaksanaan Kebijakan AMPL pada bulan Maret 2008. Adalah Bapak Harmin selaku Kabid Fisra Bappeda sekaligus Ketua Pokja AMPL-BM Kabupaten Konawe  yang berusaha keras agar peringatan terlaksana. Kali pertama rencana peringatan HAD disampaikan dalam rapat dengan SKPD terkait, usulan peringatan HAD sempat ditertawakan serta dianggap mengada-ada. Namun setelah di jelaskan bahwa peringatan HAD merupakan agenda nasional, sebagian peserta  bisa menerima dan pada akhirnya Bupati Konawe mengeluarkan Keputusan Bupati  No 100 Tahun 2008  tentang pembentukan panitia serta Intsruksi Bupati No 690/728 Maret 2008 tentang peringatan HAD Kabupaten Konawe. Dengan modal terbatas, rapat-rapat persiapan terus dilakukan dengan melakukan beberapa kegiatan strategis seperti pengadaan kaos, pembuatan spanduk, persiapan aksi cuci tangan dan sebagainya. Tema peringatan HAD yang disepakati  adalah ” DENGAN HARI AIR SEDUNIA KITA TINGKATKAN GERAKAN SADAR SANITASI’.

Kegiatan  puncak  peringatan terjadi pada tanggal 28 Maret 2008 yang dipusatkan di kelurahan Arumbu Kota Unaa (Ibu kota Kab.Konawe). Lebih dari 500 orang hadir dan terlibat aktif melakukan kegiatan peringatan. Beberapa kegiatan yang dilakukan bersama adalah kuras bak-bak sekolah dan MCK umum, pembersihan drainase kota serta aksi cuci tangan anak sekolah dasar yang dikomandoi Istri Bupati di  SD Arumbu. Hampir dalam waktu bersamaan seluruh SD di Konawe melakukan aksi cuci tangan bersama.

Kegiatan puncak peringatan mendapat perhatian yang luas dari media di Sultra, seperti TVRI, Kendari Pos, Kendari Express serta radio-radio lokal. Ternyata Kabupaten Konawe satu-satunya kabupaten di Sultra yang melaksanakan peringatan HAD secara meriah, menurut Pak Harmin banyak kolega Bappeda dari kabupaten lain  yang mengucapkan selamat dan bertanya tentang bagaimana caranya peringatan  HAD bisa berhasil. (Huseiyn/Waspola)



Post Date : 28 April 2008