Penggundulan Hutan Picu Kerusakan Sumber Air

Sumber:Kompas - 30 Agustus 2005
Kategori:Air Minum
Nusa Dua, Kompas - Penggundulan hutan di daerah hulu memicu kerusakan mata air. Kerusakan di daerah tangkapan hujan itu selain merusak sumber mata air juga mendatangkan bencana seperti banjir dan erosi, yang semakin marak dalam 10 tahun terakhir.

Sebenarnya Indonesia memiliki sumber mata air yang baik, namun sayangnya banyak terjadi kerusakan di daerah aliran sungai. Kerusakan yang biasanya terjadi akibat penggundulan itu kemudian menyebabkan kerusakan sumber mata air juga, ujar Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto dalam acara Forum Air Asia Tenggara ke-2 di Nusa Dua, Bali, Senin (29/8).

Kawasan Asia Tenggara sebenarnya merupakan salah satu kawasan yang kaya air di dunia. Dengan populasi lebih dari 522 juta orang serta pertumbuhan populasi 2,1 persen tiap tahunnya, maka muncul persoalan penyediaan air bersih. Terlebih lagi 33 persen populasi tinggal di perkotaan.

Dalam kesempatan terpisah, Dirjen Sumber Daya Air Departemen Pekerjaan Umum Sutardi mengatakan, mulai tahun 2003 hingga kini upaya konservasi lahan rusak baru bisa terealisasi sekitar seperlima dari target tiga juta hektar lahan. Adapun luasan hutan yang rusak di Indonesia ini jumlahnya sangat banyak dan perlu waktu. (AGN)

Post Date : 30 Agustus 2005