Pengembangan Pangkalpinang Timur Atasi Banjir

Sumber:Bangka Pos - 15 September 2005
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
PANGKALPINANG Pengembangan Kota Pangkalpinang Timur sedianya akan menjadi konsep di masa mendatang. Anak Sungai Rangkui mulai dari kawasan pasar ikan hingga ke arah timur menuju Pangkalbalam rencananya akan dikeruk.

Tujuannya selain penataan kota, juga sekaligus sebagai langkah antisipasi banjir. Pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang juga berencana menawarkan pengembangan wilayah timur itu kepada investor sebagai langkah kerjasama.

Itu baru sebatas program pengembangan di kawasan Pangkalpinang Timur. Sebetulnya Pak Walikota lah yang lebih paham menjelaskannya, kata Wakil Walikota Pangkalpinang, Triatmadja BSc ketika ditemui disela-sela Konferda II PDIP di Hotel Bumi Asih Pangkalpinang, Senin (12/9).

Tri mengakui rencana pengembangan itu sedianya akan dimulai dari kawasan pasar ikan hingga kawasan Pangkalbalam, karena daerah itu memang termasuk dalam kategori daerah rawan banjir. Konsep pengembangan dengan cara mengeruk anak sungai yang terbentang di sepanjang jalur itu, menurut Tri akan diupayakan menjadi multifungsi.

Anak sungai yang dimaksud dari PPI Pasir Putih sampai ke Sungai Baturusa Pangkalbalam. Tanah kerukan dimanfaatkan sebagai timbunan menjadi daratan dan kawasan itu ditimbun dengan radius kiri kanan sekitar 300 meter, katanya. Dalam hal ini Tri mengaku pemkot berpikiran akan menggaet sejumlah investor sebagai langkah kerjasama.

Namun ketika ditanya lebih rinci, Tri menolak dengan alasan program itu baru sebatas pemikiran yang sedang dikonsep. Tujuannya memang untuk penataan kota sekaligus antisipasi banjir. Tapi saya tidak berani memberikan penjelasan lebih jauh karena itu baru sebatas wacana. Sebaiknya langsung tanyakan kepada Walikota atau Bawasda. Apalagi itu memang program walikota, tegasnya.(fly)

Post Date : 15 September 2005