Pengembang Stop Distribusi Air

Sumber:Pikiran Rakyat - 10 April 2007
Kategori:Air Minum
BEKASI, (PR).-Sedikitnya 20 rumah di tiga RT, RW 36 Perumahan Kemang Pratama II, Bojong Rawa Lumbu, Kota Bekasi kehilangan sumber air bersih. Senin (9/4) siang, pihak pengembang perumahan, PT Inti Cemerlang dengan kawalan petugas kepolisian memutus pipa sambungan air bersih.

Pemutusan sambungan air bersih itu dilakukan karena warga perumahan enggan membayar uang keamanan dan kebersihan yang ditetapkan pengembang sebesar Rp 100.000,00 per bulan. Warga menunggak sejak Januari 2007. Setiap warga memiliki tunggakan yang berbeda-beda dengan kisaran Rp 100.000,00-160.000,00 per bulannya disesuaikan dengan luas rumah.

Ketua RW 36 Perumahan Kemang Pratama, Agus mengatakan, warga sudah berniat untuk membayarkannya. "Namun, uang yang kami bayarkan ditolak oleh pengembang. Katanya sih, harus dibayar sepaket dengan uang jasa keamanan dan kebersihan," ungkapnya. Padahal menurut Agus, penolakan warga membayar jasa keamanan dan kebersihan itu dikarenakan kedua masalah itu telah dikelola warga secara swadaya.

Awalnya, proses musyawarah telah dilakukan guna menunda pemutusan sambungan air bersih. Namun, pihak pengembang bersikeras memutus sambungan pada sore harinya. Sehingga, warga tidak dapat berbuat apa-apa untuk melawan kehendak pengembang yang memutus sambungan. Warga hanya mengharapkan pihak pengembang memerhatikan rekomendasi DPRD Kota Bekasi untuk tidak memutus sambungan air sebelum permasalahan antara pengembang dan warga perumahan jelas. Berdasarkan keterangan Adang, salah seorang warga yang sambungan airnya diputus, pengadaan air bersih merupakan pelayanan tambahan dari pihak pengembang sehingga mereka tidak berlangganan air bersih ke PDAM. Namun, yang tidak dimengerti warga adalah keinginan pengembang untuk membayarkan tagihan air juga jasa keamanan dan kebersihan. Warga memilih mengelola secara swadaya karena fasilitas yang diberikan pengembang tidak memadai.

Ketika wartawan hendak mengonfirmasi proses pemutusan sambungan air bersih itu, pihak pengelola air bersih PT Inti Cemerlang tidak berada di tempat. (A-153)



Post Date : 10 April 2007