Pengelolaan Sanitasi Dinilai Anak Sekolah

Sumber:Koran Sindo - 06 November 2008
Kategori:Sanitasi

PALEMBANG(SINDO) – Sanitasi di Pemerintah Kota Palembang akan dinilai oleh anak-anak, yakni siswa sekolah menengah pertama (SMP) se-Kota Palembang. 

Penilaian akan dilakukan dalam bentuk kegiatan lomba karya tulis dan poster sanitasi untuk kehidupan yang lebih baik, yang digelar Departemen Cipta Karya RI. Keikutsertaan anak-anak ini dimaksudkan untuk mengingatkan bahwa pengelolaan sanitasi yang buruk berpengaruh pada kehidupan masa depan generasi penerus bangsa.

“Pengelolaan sanitasi merupakan perilaku pembudayaan atau kebiasaan hidup manusia untuk mencegahnya bersentuhan langsung dengan kotoran dan bahan buangan berbahaya,” kata Dirjen Cipta Karya Departemen PU RI Ir Wirhartono saat membuka lomba karya tulis dan poster bertema “Sanitasi untuk Kehidupan yang Lebih Baik” siswa SMP se-Kota Palembang, di Hotel Bumi Asih,Palembang, kemarin.

Menurut dia, penilaian dilakukan untuk meningkatkan kepedulian dan komitmen pemerintah melaksanakan pengelolaan sanitasi sesuai program Internasional Year of Sanitation yang dicanangkanMajelis Umum PBB. Wirhartono menjelaskan, pengelolaan sanitasi yang baik dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan manusia.

Selain itu, sanitasi memiliki manfaat bagi ekonomi negara, masyarakat, dan keluarga, serta mendorong pembangunan sosial kemasyarakatan menjaga kebersihan lingkungan. Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum (PU) Kota Palembang Kira Tarigan mengatakan, pemkot berupaya meningkatkan pengelolaan sanitasi di masyarakat.

Lomba ini menjadi masukan bagi pemerintah dan mengadaptasi ideide anak-anak sekolah untuk meningkatkan pengelolaan sanitasi. “Pemkot Palembang konsisten memperhatikan pengelolaan sanitasi di masyarakat, dan hasilnya Palembang mendapat penghargaan Adipura dan penghargaan Enviromental Sustainable City kota bersih yang berwawasan lingkungan tingkat Asia Tenggara,”paparnya.

Selain itu, kata Kira, para siswa yang memenangkan perlombaan ini nantinya menjadi Duta Kota Palembang dalam perlombaan serupa tingkat nasional.“Saya berpesan agar siswa di sekolah selalu menjaga kebersihan dan memanfaatkan air seefisien mungkin karena air merupakan salah satu bagian terpenting dalam kehidupan,” tutur Kadis PU Palembang ini. (hengky chandra agoes)



Post Date : 06 November 2008