Pengelolaan Sampah Akan Diserahkan kepada Warga

Sumber:Pikiran Rakyat - 05 Januari 2011
Kategori:Sampah Luar Jakarta

PURWAKARTA, (PR).- Guna menumbuhkan partisipasi masyarakat dalam pengelolalan sampah, Pemkab Purwakarta menyerahkan bantuan sebanyak 14 unit mobil angkutan sampah kepada 9 kelurahan di Kecamatan/Kabupaten Purwakarta, Selasa (4/1).

Penyerahkan armada angkutan sampah tersebut merupakan bagian dari rencana pemerintah daerah yang menyerahkan kewenangan pengelolaan sampah kepada masyarakat.

Kepala Seksi Angkutan Sampah Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kab. Purwakarta, H. Agus Sulistrianto saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (4/1), membenarkan regulasi dari Bupati Purwakarta yang akan mengubah tatanan pengelolaan sampah di Kab. Purwakarta.

Ia menjelaskan, sasaran dari penyerahan pengelolaan sampah kepada masyarakat adalah menumbuhkan rasa mencintai kebersihan lingkungan di tengah masyarakat. Pasalnya, tanggung jawab pengelolaan sampah itu bukan merupakan tanggung jawab pemerintah saja melainkan semua pihak termasuk masyarakat.

Ia mengatakan, 14 unit armada angkutan sampah bantuan Pemkab Purwakarta kepada 9 Kepala Kelurahan di lingkungan Kec. Purwakarta. Setiap kelurahan mendapat bantuan mobil yang berbeda disesuaikan dengan luas wilayah dan jumlah penduduk masing-masing kelurahan.

Sementara Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengatakan kewajiban menjaga lingkungannya bersih dan sehat adalah masyarakat itu sendiri. Akan tetapi, pemerintah daerah berkewajiban untuk memfasilitasi apa yang dibutuhkan masyarakat untuk menjaga lingkungannya tetap bersih dan sehat.

"Sebagai Bupati, saya ingin menyadarkan masyarakat kita untuk tidak membuang sampah sembarangan, karena apabila bukan kita, siapa lagi yang akan menjaga lingkungan kita sendiri," katanya. (A-86)



Post Date : 05 Januari 2011