Pengedropan Air Bakorlin Pekan Depan

Sumber:Suara Merdeka - 09 Juli 2008
Kategori:Air Minum

KOTA - Badan Koordinasi Pembangunan Lintas Kabupaten/Kota (Bakorlin) Wilayah I Provinsi Jateng berencana mulai menyalurkan bantuan air bersih ke sejumlah kabupaten, pekan depan.

Hal itu sesuai dengan hasil rapat koordinasi dengan 11 pemkab/pemkot di wilayah kerjanya, Selasa (8/7).

Dalam rapat yang digelar di aula Bakorlin Jalan P Sudirman 52 Pati itu, disepakati untuk Juli jatah bantuan air bersih dialokasikan ke Kabupaten Semarang dan Grobogan. Sementara itu Kabupaten Pati, Blora, dan Kendal pada Agustus.
Pada bulan itu, Grobogan juga masuk dalam daftar lagi. Berikutnya, September giliran pengedropan air ke Rembang dan Demak.

Kasi Kesejahteraan Umum (Kesum) Bakorlin Wilayah I Dra Endang Mustikorini MM seusai rapat mengutarakan, walaupun sudah diplot jadwalnya pekan depan, pihaknya belum bisa memastikan. Menyusul saat ini anggaran dari Pemprov Jateng belum turun.

”Tanggalnya belum bisa kita tentukan karena anggarannya belum turun. Jadi, jadwal itu masih sebatas ancang-ancang. Jika dananya ada, langsung kami salurkan,” ungkapnya.

Paling Rawan

Lebih lanjut dia menyebutkan, Grobogan mendapat jatah dalam dua bulan berturut-turut lantaran daerah tersebut paling rawan terkena bencana kekeringan. Dengan demikian, kebutuhan air warganya cukup besar pada saat musim kemarau.

Untuk Rembang yang telah mengusulkan lebih awal sebelum rapat itu digelar memang diberikan jadwal pada September karena belakangan ini masih dicukupi Pemkab.

Jadi, ketika dijadwalkan pada September tidak menjadi persoalan.
Kendati demikian Endang menekankan, jadwal tersebut masih terbuka peluang untuk diubah. Daerah yang mendesak memerlukan air bersih bisa mengusulkan selanjutnya. (H49-69)



Post Date : 09 Juli 2008