Penanganan Banjir Ditunda

Sumber:Pikiran Rakyat - 02 Januari 2008
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
CIMAHI, (PR).- Karena terganjal pengamanan Tahun Baru, penanganan banjir yang kerap menyergap jalan protokol Cimahi, tepatnya di Jln. Jenderal Amir Machmud Cibabat, terpaksa ditunda. Akibatnya, setiap hujan deras, jalan tersebut selalu digenangi air, sehingga menyebabkan kemacetan arus lalu lintas, seperti yang terjadi Selasa (1/1) siang.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga H. Achyar dan Kabid Sarana dan Prasarana Perkotaan Boy Iman Nugraha, dari Dinas Tata Kota Cimahi, membenarkan itu ketika dihubungi "PR" melalui telefon, secara terpisah, kemarin.

Berdasarkan hasil rapat koordinasi (rakor) dengan muspida di Kota Cimahi, menjelang dan selama perayaan Iduladha, Natal, dan Tahun Baru, berbagai kegiatan pembangunan di jalan raya dihentikan. Hal itu untuk mengantisipasi timbulnya gangguan arus lalu lintas, yang disebabkan adanya pekerjaan di sekitar jalan raya. Pasalnya, pada hari-hari besar tersebut arus lalu lintas di sepanjang jalan protokol cenderung meningkat daripada biasanya.

Untuk itu, kata Achyar, dua pekerjaan di Jln. Jenderal Amir Machmud yang dilakukan untuk menangani banjir tersebut, baru akan dilanjutkan setelah Tahun Baru. Pelaksanaannya pun akan dilakukan setelah anggaran yang ditetapkan Peraturan Wali Kota (Perwali) Cimahi turun. "Insya Allah, dengan perwali ini, akan lebih cepat. Karena, kami juga sudah malu dengan sering terjadinya banjir di sana," ujarnya.

Penangkap air

Menurut Achyar, untuk menangani banjir di jalan protokol Cimahi, mereka akan membangun saluran penangkap air sepanjang 100 meter-120 meter di kanan jalan, dari arah Rumah Sakit Cibabat, untuk diarahkan ke saluran pembuangan. Sedangkan di kiri jalannya, akan dilakukan normalisasi.

Achyar melanjutkan, penanganan darurat yang dilakukan Pemkot Cimahi dalam mengantisipasi banjir di jalan protokol, salah satunya dengan membuat dua sodetan di sekitar Cihanjuang. Sodetan yang satu diarahkan ke Kali Cimahi dan lainnya ke Kali Serut. Dengan begitu, volume air dari atas yang mengalir ke sekitar jalan protokol Cimahi dapat berkurang.

Sementara itu, akibat banjir cileuncang yang terjadi di Jln. Jenderal Amir Machmud, kemarin, kemacetan arus lalu lintas di jalan itu tak terhindarkan. Kondisi tersebut terjadi akibat sebagian besar kendaraan yang melalui jalan itu, memilih posisi di tengah badan jalan untuk menghindari genangan air di sisi jalan. (A-136)



Post Date : 02 Januari 2008