Pemprakarsa WC Plus-plus Raih Kalpataru

Sumber:Koran Jakarta - 29 Juni 2009
Kategori:Sanitasi

JAKARTA , Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memberikan sejumlah penghargaan kepada tokoh masyarakat, instansi pemerintah, kalangan usaha, maupun NGO yang dinilai peduli lingkungan.

Untuk tokoh masyarakat, tiga orang mendapatkan penghargaan Kalpataru. Yang pertama adalah Irwansyah Idrus, Ketua RW 08, Petojo Utara, Gambir, Jakarta Pusat. Dia dianggap berjasa terhadap lingkungan karena memprakarsai keberadaan fasilitas Mandi Cuci Kakus (MCK) atau WC umum dengan teknologi canggih.

Kecanggihan MCK yang juga dinamai sebagai WC Plus-plus ini mampu mengolah limbah menjadi biogas dan memiliki pengolah limbah mandiri sehingga limbah yang dihasilkan ramah lingkungan.

Dengan keberadaan WC Plus-plus di wilayahnya, kini sebanyak 80 kepala keluarga (KK) atau setara dengan 200 jiwa di RT 02, 03, 013, dan 014 RW 18 dapat menikmati keberadaan MCK berteknologi ramah lingkungan.

WC Plus-plus tersebut selain menghasilkan air yang sehat karena tak mengandung bakteri e coli juga menghasilkan teknologi sistem biogas.

Selain Irwansyah, penghargaan juga diberikan kepada Nuning Wijatmojo atas usahanya yang tanpa henti untuk mempromosikan lingkungan hidup di masyarakat.

Nuning dikenal sebagai aktivis lingkungan hidup yang giat menulis masalah lingkungan serta solusi perawatan lingkungan hidup. Penghargaan juga diserahkan kepada Rekson Sitorus, Dirut PT Godang Jaya Tua, perusahaan pengelola sampah di Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat.

Peran Rekson sebagai dirut perusahaan tersebut mampu mengelola sampah-sampah organik di Bantargebang menjadi pupuk kompos, sehingga dapat digunakan kembali oleh masyarakat.

Selain pemberian kalpataru, penghargaan lain juga diberikan untuk beberapa kategori. Salah satunya bagi pengelola gedung yang melaksanakan kawasan dilarang merokok (KDM) sesuai Perda Nomor 2 Tahun 2005 dan Pergub Nomor 75/2005 secara konsisten.

Pengelola Gedung Sarinah mendapatkan penghargaan karena dinilai paling konsisten menerapkan KDM. Sedangkan penghargaan bengkel pelaksana uji emisi terbanyak dan terbaik tahun 2008 dimenangi Bengkel Dwi Arga Motor dan PT Denso Indonesia, Mal Ciputra dan PT Tri Dharma Wisesa untuk kategori kegiatan usaha terbaik 2008.

Sedangkan penghargaan terhadap pengelola lingkungan terbaik untuk kategori perusahaan diberikan kepada PT Pfizer Indonesia, PT International Chemical Industry, PT Gaya Motor, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, RSIA Hermina Podomoro, PT BSAF Indonesia, dan PT Kimia Farma. (rud/M-1)



Post Date : 29 Juni 2009