Pemkot Siapkan Bantuan Air Bersih

Sumber:Koran Sindo - 09 Juli 2009
Kategori:Air Minum

SEMARANG (SI) – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang siap memberikan bantuan kepada masyarakat yang kesulitan mendapatkan air bersih.Bantuan ini meliputi bantuan pompa air, bantuan air bersih, dan kemudahan izin membuat sumur artetis.

Wali Kota Semarang Sukawi Sutarip mengatakan,pada musim kemarau saat ini dirinya tidak menginginkan adanya masyarakat yang kesulitan dalam mendapatkan air bersih. Bantuan akan disesuaikan dengan daerah yang kesulitan air bersih. Jika daerahnya bagus untuk pembuatan sumur pompa, maka akan dibantu pompa air.

Begitu juga jika sulit maka akan langsung dibantu air bersih dengan disuplai dengan mobil-mobil tangki yang telah disiapkan.”Mengenai bantuan air bersih ini saya sudah instruksikan kepada SKPD terkait untuk menyiapkan,”katanya. Di Kota Semarang, daerah-daerah yang biasanya mengalami kesulitan air bersih, di antaranya di Kecamatan Tugu,Banyumanik,Gunungpati, Tembalang, Mijen, dan Ngaliyan.

Sebelumnya,Dinas Kebakaran Kota Semarang juga sudah menyatakan kesiapannya dalam menyalurkan bantuan air bersih di daerah yang mengalami kekeringan.Persediaan air bersih dilakukan dengan berkoordinasi dengan PDAM Tirta Moedal dan Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air dan Energi Sumber Daya Mineral (PSDA ESDM) serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang.

Sementara itu, Camat Tugu Semarang B Kunhantiyo mengatakan, sebagian masyarakat di Kecamatan Tugu saat ini memang sangat membutuhkan air bersih. Ini terutama di Kelurahan Mangunharjo. ”Di Mangunharjo bantuan air bersih dari PDAM paling tidak sebulan dua kali,”katanya.

Diakui,wilayahnya memang rawan akan kekurangan air bersih.Sehinggadirinya terus melakukan koordinasi dengan lurah- lurah yang adadi wilayahnya untuk selalu siaga dalam menghadapi bahaya kekeringan. (alkomari)



Post Date : 09 Juli 2009